Regional

Istri Wagub Kalbar Dilantik Menjadi Bupati Mempawah

Pontianak – Wakil Gubernur Kalbar H Ria Norsan mendampingi Istri, Ny Hj Erlina Ria Norsan dilantik oleh Gubernur Kalbar H Sutarmidji sebagai Bupati Mempawah Periode 2019-2024 di Pendopo Gubernur Kalbar, Minggu (14/4).

Bupati Mempawah Hj Erlina Ria Norsan dan Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi, dilantik sebagai Bupati Mempawah berdasarkan hasil Pilkada tahun 2018 di Kabupaten mempawah, dimana pasangan Erlina Ria Norsan dan Wakilnya Muhammad Pagi dinyatakan menang setelah memperoleh suara terbanyak dari calon lainnya oleh KPU Mempawah.

Pada pilkada 2018 di Kabupaten Mempawah lalu, pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mempawah ini diusung oleh enam partai politik, diantaranya Partai Golkar, Demokrat, Gerindra, Nasdem, PKB, dan PBB dan pasangan Erlina Ria Norsan-Muhammad Pagi memperoleh suara terbanyak, yakni berjumlah 54.945 suara sah sehingga unggul dari empat paslon lain.

Menjabat sebagai Bupati Mempawah periode 2019-2024 ini, Erlina mengantikan Gusti Ramlana yang sebelumnya merupakan wakil dari Ria Norsan yang juga suami dari Erlina saat menjabat sebagai Bupati Mempawah dua periode lalu.

Gubernur Kalbar H Sutarmidji meminta kepada pasangan Bupati dan Wakil Bupati Mempawah yang baru saja dilantik ini untuk terus membangun Kabupaten Mempawah sebab, Mempawah menjadi perhatian besar pemerintah yakni ada dua kegiatan besar yakni pelabuhan samudra dan pembangunan Smelter Grade Alumunia Refinery atau pabrik hilirisasi bauksit.

“Pembangunan Pelabuhan Samudera  internasional di Kabupaten Mempawah saya berharap kedua proyek ini betul-betul bisa berjalan dengan baik, tanpa gangguan apapun. Kita jangan ulangi kesalahan kita pada era Gubernur Aspar Aswin yang ingin bangun Pelabuhan Samudera tapi tidak terbangun. Pelabuhan itu baru bisa terbangun pada masa sekarang ini,” kata H Sutarmidji saat melantik pasangan Bupati dan Wakil Bupati Mempawah periode 2019-2024 di Pendopo Gubernur Kalbar.

Dikatakannya, pembangunan pelabuhan ini pada tahun ini sudah bisa beroperasi dan pembangunan pelabuhan itu juga sangat penting karena pada era Gubernur Aspar Aswin ingin membangun pelabuhan,dan beliau sudah berpikir dengan pembukaan lahan sawit maka akan ada industri hilir dan itu perlu pelabuhan ekspor disitu.

“Ada bagian dari daerah yaitu bagian bagi hasil ekspor selama ini kita tak pernah menikmatinya pajak ekspor dari segi yang dihasilkan dari Kalbar. Saat ini, ekspor hanya melalui Belawan dan melalui Tanjung Perak,” jelasnya.

Kemudian Gubernur Kalbar juga meminta pasangan Bupati dan Wakil Bupati ini untuk dapat menyelaraskan program pembangunan Pemkab Mempawah dengan Program Pembangunan Pemprov Kalbar agar dapat dirumuskan secepatnya oleh Pemkab Mempawah dan Pemprov Kalbar tentang program percepatan pembangunan Kalbar.

(Dika)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top