Politik

Ketua KPU :Perhitungan Suara Tingkat PPK di Sanggau Terancam Molor

Foto: Ketua KPU Sanggau, Martinus Sumarto

SANGGAU – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sanggau Martinus Sumarto memprediksi perhitungan suara Pemilu 2019 di tingkat Kecamatan (PPK) terancam molor dari jadwal yang ditentukan yakni tanggal 04 Mei 2019.

“Target kita semimggu setelah kita mulai perhitungan kemarin yakni tanggal 19 April, tapi kalau melihat kondisi di lapangan nampaknya bakal terlambat,” kata Ketua KPU Sanggau Martinus Sumarto kepada wartawan, Selasa (23/4/2819).

Ketua KPU menyebut, banyaknya koreksi terhadap proses perhitungan surat suara menjadi faktor yang menjadi pemicu molornya jadwal perhitungan surat suara di tingkat PPK.
“Misalnya yang harus dikoreksi itu kesalahan saat penjumlahan, misalnya yamg mestinya 12 tertulis 22, ada juga kesalahan antara pengguna hak pilih dengan surat suara sah, itukan harus dikoreksi,” ujarnya.
“Macam Meliau mereka tidak bisa pararel karena situasi gedung tidak mendukung, termasuk Jangkang, tapi dibeberapa Kecamatan itu bisa parararel sampai empat meja yang pleno, yanh pararel seperti cepat,” tambah dia.

Disinggung sudah berapa PPK yang menyelesaikan perhitungan surat suara, Sumarto mengatakan sampai hari Selasa (23/4/2019) pihaknya belum menerima laporan dari PPK.
“Sejauh ini belum ada laporan yang masuk ke kita, saya prediksi si agak lambar dari jadwal, itu tadi akibat banyaknya koreksi yanh harus dilakukan ditingkat PPK,”tukasnya.

(dra)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top