Hiburan

Ini 8 Amalan Sunnah di Hari Jumat Sesuai Dengan Ajaran Rasul

Foto : Ilustrasi

Sebagai hari yang istimewa, hari Jumat juga ada beberapa amalan sunah yang membuat hari ini jadi berbeda. Apa saja? Simak adab sunnah-sunnah di hari Jumat sesuai dengan ajaran Rasul.

“Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah…” (QS. Al Jumu’ah: 9)

Jumat adalah salah satu hari yang disukai Rasul. Itulah mengapa doa dan dzikir sangat dianjurkan apalagi jika sudah hari Jumat. Tak perlu doa ketika shalat, ketika kita beraktivitas pun seperti sedang dalam kendaraan atau tengah menunggu sesuatu juga dapat dilakukan. Insya Allah doa dan dzikir di hari Jumat akan lebih berkah.

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at, maka ia mandi seperti mandi janabah…” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mandi janabah atau sering disebut dengan mandi junub merupakan mandi yang dilakukan ketika kita ingin bersih dari hadas dan najis. Mandi ini sangat dianjurkan khususnya untuk para lelaki yang akan shalat Jumat di mesjid.

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain mandi janabah, para lelaki juga disunnahkan untuk memakan minyak wangi. Jenis minyak wangi ini bukan berarti minyak wangi yang memiliki alkohol tetapi minyak wangi khusus untuk shalat.

“Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk shalat Jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani)

Pakaian terbaik juga diperhatikan dan menjadi sunnah menurut ajaran Rasulullah SAW. Tak perlu mahal atau berlebihan lainnya, pakaian yang terbaik adalah pakaian yang bersih dan rapi untuk dipakai shalat Jumat. Mudah sekali bukan?

Menurut Imam asy-Syafi’e dan ulama-ulama asy-Syafi’eyah, sunah memotong kuku itu sebelum mengerjakan sembahyang Juma’at, sebagaimana disunatkan mandi, bersiwak, memakai wewangian, berpakaian rapi sebelum pergi ke masjid untuk mengerjakan shalat Juma’at,” (Hadis riwayat Muslim)

Karena Allah SWT menyukai kebersihan, Rasulullah SAW mengajarkan kita juga untuk bersiwak, memotong kuku serta mencukur kumis yang menjadi amalan sunnah di hari Jumat. Tak perlu memikirkan terlalu rumit. Cukup gunakan waktu sebentar sebelum shalat Jumat, kita bisa melakukan semua sunnah tersebut setelah mandi janabah.

“Barangsiapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jum’at.”(HR Hakim dalam Al-Mustadrok)

Baik lelaki maupun perempuan, membaca surat Al Kahfi menjadi salah satu amalan sunnah yang ternyata bisa cicil sedikit demi sedikit. Jika kita memang tidak mempunyai waktu yang banyak untuk membaca Surat Al-Kahfi, maka gunakan lah waktu luang kita sambil membaca Al Quran pada hari Jumat. Mungkin memang awalnya sulit, tetapi jika kita sudah terbiasa, maka membaca Surat Al-Kahfi insya Allah menjadi hal yang mudah untuk kita.

“Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i)

Selain doa dan dzikir, ada baiknya kita juga memperbanyak shalawat. Karena hari Jumat adalah hari yang paling baik yang diberikan Allah SWT.

Anas bin Malik berkata, “Kami berpagi-pagi menuju sholat Jum’at dan tidur siang setelah shalat Jum’at” (HR. Bukhari)

“Berlomba-lombalah dalam kebaikan”. Itulah slogan atau kalimat yang sering kita dengar di setiap dakwah atau kajian tentang sholat terutama sholat Jumat. Karena semakin cepat kita pergi ke masjid, semakin banyak pula langkah-langkah yang kita lalui untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Itu tadi beberapa amalan sunnah-sunnah di hari Jumat, semoga kita bisa menjadi manusia yang selalu menjalankan amalan sunnah sampai nanti. Ingat jangan sampai terlewat ya!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top