Hiburan

8 Penyebab Mobil Over heat dan Cara Mengatasinya

Foto : Ilustrasi

Bagi anda pemilik kendaraan mobil, tentu pernah atau sering mengalami kondisi temperature mobil yang cepat sekali naik dan menjadi panas. Kondisi tersebut seringkali mengganggu, apalagi jika anda tak mengetahui penyebabnya. Kondisi mobil yang cepat sekali panas tentu saja tak boleh dibiarkan, jika tidak segera diatas maka dapat menyebabkan kerusakan bahkan mesin mobil mendadak mati di tengah jalan.

Sehingga anda tak boleh meremehkan kondisi tersebut. Pada umumnya, permasalahan temperatur mobil yang meningkat drastis disebabkan karena usia mobil yang sudah lanjut usia, namun bukan berarti mobil mobil baru tak bisa mengalaminya. Hal ini karena masih banyak pihak pihak yang tak bertanggung jawab dengan mengakali mobil dengan mengganti sparepart nya dengan yang lama.

Jika mobil anda mengalami hal tersebut, maka mobil tersebut tidak boleh langsung digunakan karena akan membahayakan pengendara di dalamnya. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab temperatur mobil naik, mulai dari masalah radiator, mesin, oli, dan masih banyak lainnya. Nah kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai penyebab temperatur mobil naik serta cara mengatasinya.

Salah satu hal yang menyebabkan kondisi temperatur mobil yang menjadi panas adalah kondisi radiator mobil yang dalam keadaan tidak baik, entah itu bocor ataupun tersumbat, hal tersebut dapat membuat temperatur mobil terus meningkat saat digunakan. Selain itu, kondisi selang yang dihubungkan dengan radiator juga menjadi penyebab dari kondisi mesin panas ini. Jika selang tersebut dalam kondisi yang  tersumbat, bocor, ataupun  berkerak maka bisa menjadi salah satu penyebab dari mesin mobil yang terus menerus menjadi panas.

Jika sampai hal ini terjadi pada mobil anda, maka jalan satu satunya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membawa mobil tersebut ke tempat spesialis radiator terdekat dan terpercaya. Jika perlu ganti radiator mobil anda dengan yang baru. Selain itu, ingat untuk mengganti cairan radiator dengan yang baru jika kondisinya sudah tidak bagus lagi.

Penggunaan cairan pada radiator yang tidak tepat juga menjadi penyebab dari mesin mobil yang terus menerus menjadi panas. Banyak orang yang menggunakan air biasa / air tanah/ air sumur untuk mengisi radiator mobil anda. Padahal kandungan ketiga air ini terdapat banyak logam dan mineral yang bisa saja menyebabkan kerak pada radiator jika digunakan terus menerus. Kerak pada komponen radiator ini lah yang menyebabkan terjadinya masalah dan akhirnya membuat mesin menjadi cepat panas.

Untuk itu gunakanlah cairan radiator yang bebas dari kandungan logam di dalamnya, lebih baik lagi jika anda menggunakan air sulingan AC atau air kemasan. Selain itu anda juga bisa menggunakan cairan coolant radiator. Namun jika anda sudah menggunakan air biasa selama bertahun tahun kemudian pindah menggunakan cairan radiator, maka dapat menyebabkan kerak yang ada di dalamnya rontok dan akhirnya akan menyumbat komponen radiator di dalamnya. Untuk itu akan lebih baik jika anda melakukan pengurasan serta pembersihan terlebih dahulu sebelum menggantinya dengan yang baru.

Jika anda menggunakan air biasa untuk mengisi radiator mobil anda, maka anda harus melakukan penggantian maksimal satu bulan sekali. Jika tidak, maka air radiator tentunya sudah berubah warna menjadi keruh. Namun jika anda menggunakan cairan coolant, maka sebisa mungkin pilihlah yang berkualitas dan jangan lupa untuk menggantinya dengan yang baru secara berkala.

Masalah lainnya yang dapat menjadi penyebab temperatur mobil cepat naik adalah kualitas oli yang digunakan. Jika anda menggunakan oli yang tidak berkualitas, maka tentunya oli tersebut tidak akan tahan terhadap panas mesin kendaraan. Karena kondisinya yang tidak tahan tersebut maka akan membuat oli menjadi cepat menguap dan akhirnya berkurang secara drastis.

Jika mobil anda mengalami kekurangan oli maka tentunya akan membuat kinerja mesin mobil menjadi lebih kasar karena terjadi gesekan yang terus menerus membuat suhu mesin menjadi meningkat secara drastis bahkan melebihi dari suhu normal pada umumnya. Selain itu, oli yang cepat berkurang biasanya juga bisa disebabkan karena mesin mobil yang mengalami kebocoran.

Untuk mengatasi hal ini, tentu saja anda harus menggunakan oli yang berkualitas untuk kendaraan anda. Belilah oli di tempat tempat yang resmi dan terpercaya. Namun jika oli yang digunakan sudah berkualitas namun tetap cepat berkurang, cobalah periksa kebocoran pada mesin. Jika terjadi kebocoran, maka segera bawa kendaraan anda ke bengkel bengkel terdekat.

Penyebab lainnya dari mesin mobil yang cepat panas adalah kipas radiator yang tidak bekerja. Mulai dari kipas melemah, switching otomatis yang rusak, dan bahkan mati bisa menjadi penyebab dari mesin mobil yang menjadi cepat panas. Untuk itu pastikan jika kerja kipas berjalan dengan normal. Jika terjadi kerusakan, maka segera bawa kendaraan anda ke bengkel terdekat. Namun jika kipas sudah tak bisa berjalan dan rusak, maka segera ganti komponen kipas dengan yang baru.

V-Belt yang bermasalah dapat menjadi penyebab dari mesin mobil yang cepat panas. Kondisi v-belt yang tidak layak akan sangat berpengaruh pada kinerja kipas mobil. Untuk memeriksanya apakah kipas mobil bermasalah ataupun kendur, anda bisa melakukannya dengan cara memutar v-belt ataupun tali kipas. Jika kondisinya sudah tidak layak digunakan, maka segeralah lakukan penggantian terhadap komponen yang ada.

Hal lainnya yang menjadi penyebab adalah thermostat yang tidak bekerja dengan baik. Thermostat sendiri merupakan indikator yang dijadikan sebagai alat pengukur suhu yang ada pada mesin kendaraan. Sehingga thermostat menjadi peran penting saat air mencapai suhu kerja yang digunakan untuk mengatur pergantian air dari elemen sistem pendingin.

Sehingga bila thermostat rusak dan tidak bekerja, maka akan menghasilkan akuransi temperatur yang tidak tepat. Untuk itu pastikan jika kondisi thermostat dalam keadaan yang baik. Jika mengalami kerusakan, segera ganti dengan komponen yang baru.

Nah itu tadi beberapa penyebab temperatur mobil naik serta cara mengatasinya. Jika kondisi ini terus menerus terjadi pada kendaraan anda, maka lakukanlah perbaikannya dengan segera. Jika anda hanya mengabaikannya, maka dapat membuat mesin mobil mendadak mati dan rusak.

Kerusakan yang sering terjadi akibat mobil yang mengalami panas terus menerus adalah kerusakan pada mesin kendaraan meliputi silinder mesin cacat, kop silinder bengkok, piston macet, bantalan mesin cacat, dan masih banyak lainnya. Pada mobil yang berusia cukup tua, biasanya akan menyebabkan permasalahan pada AC mobil.

AC akan mengalami kehabisan freon yang diakibatkan karena terlalu tingginya panas dan tekanan yang ada di dalam sistem pendinginan mobil. Apalagi jika kondisi AC menyala saat terjadinya kenaikan temperatur mobil ini.

Ada cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengurangi temperatur panas dari mesin mobil. Anda bisa menggunakan benda yang memiliki daya serap panas yang baik dan tentunya tahan terhadap panas. Hal ini dapat meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan. Anda bisa menggunakan alumunium foil yang nantinya disematkan pada kap mesin mobil anda. Semoga informasi diatas dapat membantu anda.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top