Hukrim

Sat Pol PP Sanggau Ancam Tindak Tegas Pemain Layangan

Foto: Ilustrasi

SANGGAU - Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Sanggau mengancam akan menindak tegas pemain layangan yang bermain di sembarang tempat. Ketegasan tersebut terpaksa dilakukan mengingat para pemain layangan ini sudah mengabaikan kepentingan orang lain.

"Mereka main ditempat - tempat yang tidak seharusnya, dan mengabaikan keselamatan orang lain. Kemarin bahkan sudah ada korban luka akibat tali benang layangan ini," kata Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Sat Pol PP Sanggau, Wendi Very Nanda kepada wartawan, Minggu (12/5/2019) siang.

Penertiban para pemaian layangan ini, lanjut Wendi juga tertera di Peraturan Daerah tentang ketertiban umum (tibum)."Kita sudah punya Perda tibum, dan di Perda itu tercantum larangan bermain layangan, inilah salah satu alasan kita melakukan penindakan," ujarnya. Disinggung lokasi mana saja yang kerap dijadikan tempat permainan layang - layang, Wendi menyebut ada beberapa titik dan lokasi itu juga akan kita lakukan patroli rutin.
"Di depan pengadilan, di Beringin, di Bunut dan di jalan Ampera," bebernya.

Foto: Korban Mengalami Luka Cukup Dalam Akibat Terkena Tali Layangan.

Sementara itu, Ketua DPRD Sanggau Jumadi menyambut baik tindakan tegas yang akan dilakukan Sat Pol PP Sanggau. Jumadi memahami, permainan layangan ini merupakan hobi, dari orang tua sampai anak - anak. Akan tetapi jangan sampai hobi ini mengganggu orang lain.
"Mereka harus bisa mencari tempat yang aman jauh dari keramian, pemukiman dan jalan raya serta jaringan listrik," kata Jumadi.

Khusus kepada orang tua yang memiliki anak - anak yang hobi bermain layang - layang, Sekretaris PDI Perjuangan Sanggau itu mengingatkan untuk melakukan pengawasan, apalagi kalau anak - anak ini bermain di tempat yang berbahaya.
"Mungkin orang tua sibuk atau tidak mau tau, tapi tetap harus diawasi anak - anaknya. Jangan sampai nanti anak - anaknya yang malah jadi korban, itu yang tidak kita inginkan," pungkasnya.

Oleh karenanya, Jumadi sangat mendukung tindakan tegas yang akan dilalkukan Sat Pol PP.
"Saya minta di razia dan orang tua pun saya minta memahami inilah karena resiko bermain layangan di sembarangan tempat itu sangat tinggi," tuturnya.

(dra)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top