Nasional

TNI Perbatasan Amankan Ratusan Kilogram Ikan dan Sosis Asal Malaysia

Foto: Ratusan Kilo Ikan Beku Asal Malaysia Yang Diamankan Satgas Yonmek 643/Wns Yang Masuk Melalui Jalur Tikus

SANGGAU - Peredaran barang - barang ilegal kembal maraki terjadi di Entikong yang merupakan perbatasan RI - Malaysia. Seperti apa yang ditemukan Satgas Pamtas Yonif Mekanis (Yonmek) 643 Wanara Sakti. Lagi - lagi mereka kembali mengamankan barang-barang ilegal dari Malaysia yang dibawa pemikul dari jalur tikus di sekitar Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Barang-barang berupa tiga dus ikan tuna beku seberat 180 kilogram, 1.080 butir telur dan 1.024 bungkus sosis tersebut diamankan dari delapan pemikul saat prajurit Satgas Yonmek 643/Wns melaksanakan patroli di sektor kanan PLBN.

"Para pemikul itu diamankan anggota kami yang berada di sektor kanan PLBN ketika melakukan patroli rutin di jalur-jalur tikus," kata Pasi Intel Satgas Yonmek 643/Wns, Lettu Inf. Dwi Ari Wibowo, Sabtu (18/5/2019).

Dwi menerangkan, dari keterangan pemikul tersebut barang-barang ilegal itu akan dijual ke pasaran perbatasan Entikong. Dikatakan, setelah pemikul diperiksa barang tegahan segera dilimpahkan ke Stasiun Karantina Pertanian Entikong serta Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Entikong untuk proses lebih lanjut.

"Barang-barang tersebut kami amankan karena melewati jalur tikus. Sesuai aturan apabila barang bawaan akan masuk ke Indonesia harus melalui pemeriksaan di PLBN dulu," tuturnya.

(dra)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top