Travel

Gubernur Kalbar Jadikan Pekan Gawai Dayak Masuk Dalam Kalender Tetap

Pontianak - Pekan Gawai Dayak ke-34 resmi dibuka oleh Gubernur Kalbar H.Sutarmidji bertempat di rumah Adat Radakng, yang beralamat di Jalan Sutan Syahrir, Kecamatan Pontianak Kota Provinsi Kalimantan Barat Senin,(20/05) pukul 10.00 wib mengankat tema "Dengan Gawai Dayak Kita Tingkatkan Solidaritas Dalam Keberagaman Untuk Memperkaya Seni Budaya Daerah Kalimanatan Barat Yang Berkualitas"

Acara pembukaan pekan gawai Dayak diikuti sekitar 1000 orang yang terdiri dari para tamu undangan, para temenggung adat, panitia gawai dan peserta bujang dan dara gawai dayak.

Turut hadir dalam acara tersebut :

Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, S.H. M.Hum beserta Ibu, Kapolda Kalbar diwakili oleh Irwasda Polda Kalbar Kombes Pol Andi Musa, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Herman Asaribab
Danlantamal XII Laksma TNI Gregorius Agung W.D., M.Tr. Han, Danlanud Supadio Marsma TNI Palito Sitorus S.IP., M.M, Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono M.M., M.T, Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Drs. Cornelis, M.H besrta Ibu.
8. Ketua DAD Kalbar Ketua Umum DAD Kalbar Jakius Sinyor, Ketua Sekberkesda Kalbar Joseph Odillo Oendoen, S.Sn, Sekretaris Sekberkesda Kalbar Herculanus Didi, S.Pd
11. Sekretaris umum DAD Kalbar M. Kebing L, Ketua DAD Kota Pontianak Sekundus, SSos, MM, Bendahara Sekberkesda Kalbar Marselina Maryani Soeryamassoeka SHut, Uskub Agung Pontianak, Ketua DPRD Prov. Bapak Kebing, Perwakilan dari Sarawak Malaysia Datum Pemanca Janggu

Dalam kata Sambutannya gubernur Kalimantan barat Bp. H. Sutarmidji, SH,M.Hum. mengucapkan selamat melaksanakan pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat ke 34 tahun 2019 semoga Bapak Ibu serta seluruh peserta sekalian dalam keadaan sehat dan sehat walafiat. Dari lubuk hati yang paling dalam Saya menyampaikan pada kesempatan ini pula Saya ingin mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi semua umat muslim yang menjalankannya Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah swt.

Bapak Ibu yang saya hormati budaya hendaknya menjadi satu modal dasar kita untuk maju, untuk memperkenalkan negara kita keluar supaya dari budaya itu bisa terjalin hubungan yang harmonis baik di dalam satu negara maupun dengan negara lain kita ambil contoh tadi banyak irisan yang sama antara budaya Kalimantan Barat dengan Serawak Sabah sehingga rombongan yang datang begitu besar yang ini merupakan dari sisi promosi pariwisata sangat menguntungkan kita.

Akhirnya saya putuskan gawe dayak itu masuk dalam kalender tetap atau program tetap dari Dinas Pemuda Olahraga dan pariwisata.Tahun depan anggarannya ada di Dinas Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan pariwisata Saya berharap juga ke depan Kita gali seluruh budaya terutama budaya Dayak seluruhnya kita satukan dalam satu buku Nah kalau itu nanti tadi yang disampaikan Pak Yosep untuk muatan lokal kita harus siap bahasanya kita harus siapkan dulu infrastrukturnya literaturnya dan saya sependapat kalau seluruh anak bangsa ini memahami budaya satu dengan yang lain supaya ikatan keberagaman itu semakin baik dan kita bisa membangun daerah kita ini dengan bersama-sama dan mengajak semua elemen masyarakat yang ada di Kalimantan Barat Mari kita bangun Kalimantan Barat ini.

"Saya ucapkan selamat kepada Cornelis yang terpilih sebagai anggota DPR RI pusat dan seluruh anggota yang terpilih lainnya Dan saya berharap ada Sinergi yang baik antara wakil kita di DPR RI dengan pembangunan di Kalimantan Barat Saya yakin mampu untuk menggali dana pusat untuk pembangunan Kalimantan Barat Insyaallah kedepannya Kalimantan Barat ini akan mampu bersaing dengan daerah-daerah lain dengan satu catatan kita bersama-sama membangun Kalimantan Barat kita siapkan Kalimantan Barat ini supaya anak cucu kita ke depan bisa menikmati kehidupan yang lebih baik dari masa kita sekarang ini,"ujarnya.

Bapak Ibu yang saya hormati saya berharap agar acara ini sukses dan terus lakukan evaluasi untuk perbaikan perbaikan penyelenggaraan ke depan supaya Gawai Dayak ini kedepannya menjadi lagi ditingkatkan dari 1 event-event di tingkat nasional yang terprogram dan itu bisa membawa kita lebih maju lagi demikian yang dapat saya sampaikan selanjutnya kepada semua pihak yang telah bekerja keras yang dan malam menguras Tenaga pikiran dan waktu terselenggaranya acara ini atas nama Pemerintah provinsi Kalimantan Barat dan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya dan semoga Tuhan yang maha kuasa membalas kebaikan bapak ibu dan saudara sekalian.

Sementara itu, presiden majelis adat Dayak nasional sekaligus membuka pekan gawai Dayak XXXIV tahun 2019 Bp. Drs Cornelis, MH. Mengatakan,
Untuk kedepan kita mampu bersaing terutama para pemuda jangan mengeluh mari kita bersaing dengan negara tetangga, Kalo udah Gawai di prov. Jangan lagi Gawai di kampung - kampung lagi karna itu akan mengabiskan dana, mari kita berpikir lebih maju. Saya sebagai kepala Dayak di Kalimantan Barat, mari kita ikuti pemerintah saya tidak punya gaji aja mengingikuti aturan pemerintah.

"Mari anak - anak muda kita harus lebih maju dalam berpikir, demi kemajuannya Kalimantan Barat ini.Tolong acara ini di promosikan ke seluruh indonesia karna dengan mempromosikan akan memajukan Kalimantan Barat ini, contoh hotel pasti laku,penjual - penjual pasti laku ini cara kita bikin Kalbar lebih maju,"pungkasnya.

(Dri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top