Hiburan

8 Manfaat Kandungan Buah Semangka

Buah Semangka adalah salah satu jenis buah yang berukuran besar dengan nama ilmiah Citrullus lanatus. Dalam bahasa Inggris, buah Semangka disebut dengan Watermelon. Buah yang pada awalnya berasal dari benua Afrika bagian Selatan ini merupakan keluarga suku timun-timunan (Cucurbitaceae) seperti buah labu, buah melon dan ketimun. Buah Semangka pada umumnya dapat dimakan segar atau diproses menjadi jus semangka.

Buah Semangka yang mengandung gizi dan kadar air yang tinggi namun rendah kalori ini merupakan makanan ataupun minuman yang sangat menyegarkan dan bermanfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa manfaat buah semangka bagi kesehatan manusia diantaranya adalah mengendalikan tekanan darah, mencegah dehidrasi, mengatasi peradangan dan mengurangi nyeri pada otot.

Kandungan Gizi Buah Semangka (Watermelon)

Buah Semangka mengandung beberapa jenis Vitamin, Mineral dan Senyawa tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah kadar Vitamin dan Mineral yang yang terkandung dalam setiap 100gram Buah Semangka.

Meskipun tidak memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan jenis lainnya, Semangka yang memiliki kadar air tinggi ini mengandung beberapa senyawa tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa senyawa tumbuhan yang terkandung di dalam Semangka seperti Citrulline dan Lycopene. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh kita.

1. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi adalah suatu kondisi dimana tubuh kita kekurangan air mineral. Gejala dehidrasi adalah haus, pusing, jarang buang air, mulut kering dan cepat kelelahan. Semangka yang mengandung kadar air tinggi (91% dari semangka adalah air) dengan beberapa jenis mineral ini dapat membantu kita mengatasi dehidrasi.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor penyebab penyakit kronis dan kematian. Semangka mengandung Senyawa tumbuhan yaitu Citrulline yang diperlukan oleh tubuh kita untuk memproduksi Nitrogren Monoksida (Nitric Oxide). Nitrogen Monoksida adalah molekul-molekul gas yang dapat membantu otot-otot kecil di sekitar pembuluh darah menjadi kendur dan melebar sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa konsumsi semangka dapat menurunkan tekanan darah dan kekakuan Arteri pada pasien yang memiliki tekanan darah tinggi.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Buah Semangka mengandung senyawa tumbuhan yang dapat mencegah penyakit kanker yaitu senyawa Lycopene (Likopen). Lycopene atau Likopen adalah pigmen karatenoid yang merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Seperti diketahui, Radikal bebas adalah penyebab terjadinya penyakit kanker.

4. Menjaga kesehatan jantung

Likopen atau Lycopene yang terkandung dalam buah semangka dapat berfungsi untuk membantu memelihara kesehatan jantung. Senyawa asam animo Citrulline dalam buah semangka juga dapat membantu menurunkan darah tinggi yang merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung.

5. Mengatasi Peradangan (Inflammation)

Peradangan atau inflammation adalah salah satu faktor pendorong yang menyebabkan penyakit kronis. Buah Semangka yang kaya akan senyawa Likopen dan vitamin C dapat berfungsi sebagai anti-peradangan yang baik sehingga dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif.

6. Membantu sistem pencernaan

Buah Semangka mengandung kadar air tinggi dan Serat yang berperan penting dalam sistem pencernaan dalam tubuh kita. Serat dapat meningkatkan massa feses sementara air dapat membantu menjaga saluran pencernaan kita bergerak secara efisien. Memakan makanan yang kadar air yang tinggi dan berserat dapat membantu usus bergerak secara normal sehingga sistem pencernaan pada tubuh kita dapat bekerja dengan baik.

7. Memelihara kesehatan kulit

Buah Semangka mengandung dua Vitamin penting bagi kesehatan kulit dan rambut yakni vitamin A dan vitamin C. Vitamin C membantu tubuh kita memproduksi Kolagen yaitu protein yang dapat membuat kulit menjadi kenyal dan rambut menjadi lebih kuat. Sedangkan Vitamin A bekerja membantu memperbaiki sel kulit yang rusak. Tanpa vitamin A yang cukup, kulit kita akan terlihat kering dan bersisik. Disamping Vitamin A dan Vitamin C, senyawa Likopen dan Beta-Karoten yang terkandung dalam buah semangka juga membantu melindungi kulit dari sengatan matahari.

8. Membantu meringankan Nyeri Otot

Senyawa asam animo Citrulline yang terkandung dalam buah semangka dapat meringankan nyeri otot. Sebuah penelitian dilakukan pada Atlet membuktikan bahwa jus semangka yang ditambahkan dengan Citrulline dapat mengurangi nyeri otot serta pemulihan denyut jantung yang lebih cepat. Penelitian lainnya juga menyatakan bahwa Citrulline dapat meningkatkan kinerja pada saat olahraga.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top