Kuliner

Pedagang Panganan Lemang di Pontianak Raup Rezeki Berlimpah

Pedagang Panganan Lemang di Jalan Tanjungpura Sabtu,(25/05) Foto: Deny Kurniawan/delikkalbar.com

Pontianak - Panganan "Lemang" setiap bulan suci Ramadhan selalu tampak dibeberapa titik dijual para pedagang musiman di kota Pontianak. Seperti, salah satunya terlihat di Jalan Tanjungpura, Pontianak Selatan, Kalimantan Barat Sabtu,(25/05).

Panganan "Lemang" salah satu kuliner khas Melayu Pontianak, yang rasanya gurih dan lezat. Bulan Ramadhan ini banyak diburu oleh warga untuk berbuka puasa bersama keluarga.

Pedagang panganan Lemang yang terletak di Jalan Tanjungpura Rizki kepada Viva.co.id mengatakan, sejak awal bulan Ramadhan panganan Lemang yang dijualnya banyak terjual. Pembeli beraneka ragam ada warga yang mau buka puasa dan ada warga yang bukan muslim.

"Untuk memasak kuliner lemang terutama di bulan Ramadhan ini saya dibantu oleh sebanyak 2 orang, dengan produksi sekitar 50 batang lemang dengan ukuran sekitar 50 centimeter," katanya.

Adapun bahan baku utama dalam pembuatan kuliner lemang yakni bambu yang sudah dibersihkan, kemudian dimasukkan daun pisang muda dalam bambu tersebut, lalu dimasukkan beras ketan atau pulut kemudian ditambah santan kelapa dan ditambah rempah.

Selain itu, bisa juga ditambah kacang hijau atau kacang tanah atau tergantung selera, lalu dipanggang menggunakan api dari kayu hingga masak.

Tidak banyak masyarakat yang mengetahui, kalau penghasilan atau omzet pembuat panganan kuliner lemang yang merupakan khas masyakat Melayu, salah satunya masyarakat Melayu Pontianak sangat menggiurkan terutama sepanjang bulan Ramadhan.

"Alhamdulilah khusus bulan penuh berkah ini, omzet saya 6 jutaan dalam sebulan dengan harga jual Rp25 ribu/batang. Sementara untuk satu potong ada yang dijual Rp10 ribu dan Rp 20 ribu dan untuk yang berukuran 50 cm dijual dengan harga rp50 ribu,"pungkasnya.

(Deni)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top