Travel

Sambut Lebaran, Puluhan Meriam Karbit Bakal Menggelegar di Pontianak

Foto: Meriam karbit

Pontianak - Menyambut perayaan hari raya idul Fitri 1440 H puluhan meriam karbit bakal menggelar dipinggiran sungai Kapuas Pontianak Kalimantan Barat. Pesta meriam karbit dilakukan oleh warga Pontianak setiap tahun menjelang hari raya idul Fitri, dan tradisi ini sudah dilakukan oleh warga secara turun temurun.

Satu diantara warga yang sedang bergoyang royong Membuat meriam karbit dari balok kayu di Gang Kamboja, Jl Tanjungpura Minggu,(02/06) yakni Firman mengatakan, meriam karbit setiap jelang idul Fitri selalu dimainkan oleh warga. Walaupun tidak ada festival kami tetap main meriam karbit karena ini sudah tradisi.

"Lima meriam karbit yang akan kita mainkan di malam hari raya idul Fitri nanti merupakan meriam karbit buatan beberapa tahun yang lalu, meriam ini hanya kita ganti pengikat dari rotan dan di cat kembali biar menarik,"kata Firman Minggu,(02/06).

Lebih lanjut, Firman mengatakan kalau proses pembuatan meriam karbit membutuhkan waktu berbulan-bulan. Dari proses awal kayu dibelah menggunakan Cinsaw dan dilakukan penyimpaian menggunakan rotan. Tapi kalau saat ini mencari kayu yang berukuran besar cukup sulit karena kayu dalam deameter besar susah dicari,"ujarnya.

"Untuk membuat satu meriam karbit bisa menghabiskan anggaran puluhan juta, dan uang tersebut dari sumbangan warga dan donatur. Sejauh ini untuk membuat meriam karbit belum ada bantuan dari pemerintah,"pungkasnya.

(Dri)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top