Travel

Menyambut Lebaran 259 Meriam Karbit Akan Menggetarkan Pontianak

Posko Festival meriam karbit di Gang Haji Mailamah Jalan Imam Bonjol Pontianak Tenggara Selasa,(04/06) Foto: Ngadri/delikkalbar.com

Pontianak - Menyambut perayaan hari raya idul Fitri 1440 Hijriyah, pemerintah kota Pontianak, Kalimantan Barat akan menggelar festival meriam karbit yang akan diikuti sebanyak 259 kelompok masyarakat.

"Untuk Tahun 2019 ini ada 259 meriam karbit yang telah terdaftar, dari sejumlah kelompok masyarakat yang berpartisipasi mengikuti festival " kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono Selasa,(04/06).

Lebih lanjut, Edi Rusdi Kamtono berharap festival meriam kali ini lebih meriah dari tahun sebelumnya. Ia menjelaskan bahwa Forum Meriam Karbit Pontianak adalah kelompok yang menginisiasi, tentunya berkoordinasi dengan panitia dari pemerintahan setempat juga.

pada

Posko utama Festival Meriam Karbit 2019 di Gang H Mailamah, Jalan Adi Sucipto RT 02/RW 05 Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara dan Kelompok Meriam Putra Kapuas sebagai tuan rumah.

Festival meriam karbit yang akan dimeriah 259 batang meriam yang terbuat dari balok kayu ini dimulai 19.30 WIB pada tanggal 4 April mendatang.

Edi Kamtono meminta panitia Festival Meriam Karbit mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan penyelenggaraan event ini.

"Festival Meriam Karbit ini merupakan agenda tahunan yang ada di Kota Pontianak saat malam takbiran. Mari kita semua sukseskan dan bagi yang menonton harus berhati-hati," ucap Edi Rusdi Kamtono.

Sebagai permainan tradisional, sambung Edi, permainan meriam karbit tidak bisa terpisahkan dengan kehidupan masyarakat Pontianak, terutama yang bermukim di pinggiran Sungai Kapuas.

"Meriam Karbit ini merupakan bagian dari historis berdirinya Kota Pontianak dan saat ini juga sudah mendapat pengakuan sebagai budaya tak benda," tambahnya.

Sementara itu, Panitia kelompok meriam Putra Kapuas Mirza kepada delikkalbar.com mengatakan, sebagai tuan rumah perayaan festival meriam karbit dilakukan secara swadaya bersama masyarakat. Untuk mempersiapkan segala sesuatunya sekitar satu bulan. Persiapan itu dari pembuatan tempat meriam, pengecatan dan yang lainnya.

"Hingga sore ini persiapan sudah 95 persen, pembukaan festival rencananya nanti malam akan dihadiri oleh gubernur Kalbar dan walikota Pontianak. Kegiatan dimulu sekitar pukul 19.30 WIB. Yang diikuti oleh 259 meriam karbit,"pungkasnya.

(Dri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top