Travel

Gubernur Kalbar Ajak Masyarakat Lestarikan Festival Meriam Karbit

Pontianak - Gubernur Kalbar H Sutarmidji mengajak masyarakat Kota Pontianak pada khususnya dan Provinsi Kalbar pada umumnya untuk melestarikan festival meriam karbit.

"Festival Meriam Karbit ini perlu dilestarikan," kata H Sutarmidji, Selasa (4/6) saat membuka Festival Meriam Karbit di Jalan Adi Sucipto, Gang Mailamah di Tepian Sungai Kapuas.

Ajakan untuk melestarikan festival Mariam Karbit memang harus terus dilakukan dan bukan hanya pada saat momentum Idul Fitri ataupun saat Ulang Tahun Kota Pontianak.

"Festival ini harus terus dilestarikan. Bukan hanya saat idul fitri atau Ultah Kota Pontianak agar festival ini menjadi wisata nasional atau internasional," ajak mantan Wali Kota Pontianak.

Dikatakannya, dalam upaya melestarikan festival meriam karbit, Pemprov Kalbar akan membangun lokasi atau tempat permainan meriam karbit.

"Mudah-mudahan, festival meriam karbit bisa jadi salah satu ikon wisata Kalbar secara nasional maupun
internasional," jelasnya.

Upaya lain yang akan dilakulan Pemprov Kalbar dalam melestarikan meriam karbit ini pada saat pembukaan
Seleksi Tilawatil Qur'an Tingkat Nasional XXV di Kota Pontianak.
"Akan ada 25 dentuman meriam karbit pada pembukaan STQ nanti," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Pontianak H Edi Rusdi Kamtono mengatakan, Pemkot Pontianak akan terus menerus mempromosikan dan melestarikan festival meriam karbit ini agar menjadi wisata Kota Pontianak ditepian sungai Kapuas.

(Dika)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top