Hukrim

Lagi TNI Amankan Barang Ilegal di Perbatasan Entikong

Foto: Barang - Barang Selundupan Yang Diamankan Satgas Yonmek 643/Wns Saat Lebaran

SANGGAU - Guna mencegah masuknya barang - barang ilegal ke tanah air, khususnya saat lebaran, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns meningkatkan pengamanan lintas batas negara. Hasilnya, Yonif Mekanis 643/Wns mengamankan sejumlah barang asal Malaysia yang hendak diselundupkan ke Indonesia melalui perbatasan Entikong.

"Kami mengamankan satu mobil nopol KB 3244 QA yang membawa barang kulit sapi Australia 13 kilogram, ceker ayam 30 kilogram, sosis 32 bungkus, seratus kilogram gula pasir, satu speaker, dua televisi dan racun rumput sebanyak 25 kaleng," kata Pasi Intel Satgas Yonmek 643/Wns, Lettu Inf. Dwi Ari Wibowo, Rabu (5/6/2019).

Dwi sapaan akrabnya mengatakan, barang-barang tersebut diselundupkan oleh pelaku melalui jalur hutan di sebelah kanan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong. Satgas juga berhasil mengamankan pelaku berinisial Rnd, supir yang mengemudikan mobil pengangkut barang-barang tersebut.

"Rnd membawa barang itu dari arah PLBN Entikong menuju Balai Karangan, diduga barang-barang ini akan dipasarkan ke wilayah Sekayam dan sekitarnya," ujar Dwi.

Untuk pengembangan penyelidikan lebih lanjut, barang bukti hasil selundupkan bersama mobil dan supirnya diserahkan ke Stasiun Karantina Pertanian Entikong dan Bea Cukai Entikong.

"Kami lebih meningkatkan pengamanan lintas batas, supaya momen lebaran tidak dimanfaatkan oknum untuk memasok produk ilegal. Apalagi barang-barang ini masuknya dari jalur tikus yang tidak melewati pemeriksaan resmi sehingga kualitasnya juga belum bisa dipastikan bagus untuk digunakan masyarakat," tuturnya.

(dra)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top