Busines

Ribuan Warga Ketapang Menyaksikan Lomba Tari Japin Ketapang Expo

Lomba Tari Japin pameran Ketapang Expo Rabu,(19/06) Sumber Foto: Humas Ketapang

Ketapang - Ribuan warga Ketapang memadati lokasi Ketapang Expo 2019, selain melihat stand-stand peserta pameran hari kedua,  warga juga asyik menyaksikan lomba tari Japin kreasi dan tradisional yang digelar Disbudpora dipentas seni budaya kompleks pendopo Bupati Ketapang.

Panitia Lomba jepin Tamrin dalam laporannya mengatakan tema yang diusung dalam lomba tari jepin melayu tradisonal dan kreasi ke VIIII se Kabupaten Ketapang tahun 2019 adalah “ Melalui Lomba tari jepin Kita gali kembangkan dan lestarikan Budaya daerah sesuai undang undang no 56 tahun20017 tentang kebudayaan “

Dia menyebutkan lomba tari zapin tahun 2019 tangal, 19-21 Juni 2019, Dispora bekerjasama dengan Panitia Pameran Ketapang Expo, peserta yang mengikuti lomba jepin sebanyak 14 Kelompok yang berasal dari para pelajar sekolah dan sanggar-sanggar.

Dengan kegiatan tersebut diharapkannya mampu memberikan dukungan terhadap pengelola kesenian dan kebudayaan dengan semangat motivasi menggugah inspirasi para generasi muda Kabupaten Ketapang dalam membangun kreatif inovatif danproduktif dalam sebuah karya seni budaya yang berkualitas.

“ Melalui lomba tari seni japin tahun 2019 di Kabupaten Ketapang dapat di gali dikembangkan dan dilestarikan seni budaya untuk menambah khasanah budaya di kabupaten Ketapang “ kata Tamrin.

Kepala Dinas kebudayaan dan pariwisata Yulianus mengatakan tari zapin merupakan khasanah tarian rumpun melayu yang bersifat edukatif dan sekaligus menghibur tari zapin biasanya digunakan sebagai media dakwah Islamiyah melalui syair syair yang didendangkan.

“ Semoga kegiatan ini mampu menjadi wadah silturahmi serta meningkatkan kebersamaan dan keakraban antar sesama “ harap Dia.

Kegiatan ini juga menurut Yulianus dapat digunakan sebagai ajang kreatifitas seni tari, sehingga diharapkan mampu melestarikan seni tari tradisonal yang merupakan warisan budaya bangsa Indonesia sejak dulu jkala khususnya yang ada di Kabupaten ketapang

Disampaikannya juga penyelenggaraan lomba tari jepin sekabupaten Ketapang tahun 2019 ini merupakan salah satu upaya kita dalam melestarikan mengembangkan serta memperkenalakna kesenian yang ada diwilayah kabupaten ketapang khususnya kesenian tari.

“ Bagi para seniman lomba jepin merupakan salah satu media bagi para seniman untuk menampilkan kreatifitasnya namun tak kalah pentingnya masyarakat di berikesempatan menikmati kekayaan local negeri kita “ ungkapnya.

Diakhir sambutanya Yulianus mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana dan Panitia Pameran expo 2019 yang telah melakskan kegiatan ini dalam upaya menumbhkembangkanb minat budaya melestarikan seni budaya khsusunya seni budaya tari yang ada di Kabupaten Ketapang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top