Regional

Indonesia Bersuara Kalbar, Bagikan 74 Bendera Merah Putih Kepada Warga

Salah satu pengurus Indonesia Bersuara Kalimantan Barat Syauqie Khalid membagikan bendera kepada salah satu pelaku usaha di sekitaran Pontianak. Foto: Dok. Indonesia Bersuara Kalimantan Barat

PONTIANAK - Organisasi massa Indonesia Bersuara Kalimantan Barat merayakan hari kemerdekaan dengan membagikan bendera merah putih. Sedikitnya 74 helai bendera dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat yang tersebar di wilayah Kota Pontianak dan sekitarnya.

Ketua Umum Indonesia Bersuara Kalimantan Barat Najib Amrullah mengatakan bahwa aksi sosial tersebut dilakukan dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2019. Selain itu, aksi bagi-bagi bendera gratis ini juga ditujukan supaya tidak ada lagi masyarakat yang memasang bendera lusuh pada momen hari kemerdekaan.

"Ini kita lakukan supaya masyarakat tidak memasang bendera yang lusuh selama bulan Agustus ini. Sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan Lagu Kebangsaan, setiap warga negara dilarang mengibarkan bendera yang sudah lusuh, rusak, luntur, robek ataupun bendera yang sudah kusam," ujar Najib usai membagikan bendera di sekitaran Pontianak, Sabtu (10/8/2019).

Kepada para penerima bendera, Najib turut mengajak mereka untuk mengibarkannya secara serentak pada tanggal 17 Agustus 2019 mendatang. Bahkan bila perlu, kata Najib, bendera tersebut dikibarkan selama sebulan penuh pada bulan Agutus ini.

"Beberapa kepala daerah di Kalbar juga sudah mengeluarkan imbauan supaya masyarakat memasang bendera dalam rangka menyambut hari kemerdekaan. Kita pun turut mengajak masyarakat agar ikut melakukan hal tersebut, bahkan kalau perlu benderanya dipasang selama sebulan penuh," ajaknya.

Lebih jauh Najib berharap agar momentum HUT kemerdekaan kali ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

"Beberapa contoh sederhana yang bisa dilakukan antara lain tidak menyebarkan berita hoaks, tidak menjadi pelaku penyalahgunaan narkotika dan ikut berpartisipasi pada kegiatan sosial," pungkasnya.

(NAJ)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top