Hukrim

TNI Gagalkan Penyelundupan Mobil Mewah Asal Malaysia

Mobil mewah asal Malaysia diamankan satgas pamtas pada Senin, (09/09) Photo : Rahmad

Pontianak - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri Mekanis 643/Wanara Sakti berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 1 unit kendaraan jenis sedan warna putih merek Mercedes Benz Ag Tiger 230e asal Malaysia yang akan diselundupkan ke wilayah Indonesia melalui jalan tikus di perbatasan Pada Senin, 9 September 2019.

Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos Kepada VIVAnews, menerangkan kronologi satgas pamtas menggagalkan penyelundupan mobil Mercedes Benz berawal anggota nya menggelar patroli di Desa Semunying Kabupaten Bengkayang dan di dapati ada seorang warga yang akan menyelundupkan mobil. Kemudian warga tersebut ditangkap oleh anggotanya.

" Mobil Mercedes Benz yang kita amankan dengan nomor rangka 1231306007932 dan nomor mesin 60079327. Selanjutnya personel Satgas Pamtas mengamankan dan melakukan pemeriksaan terhadap mobil tersebut serta melaporkan hal tersebut kepada Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wns,"ujar Kapendam.

Sebelumya Danpos Sei Saparan, Letda Inf Andika Permana mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa akan ada kendaraan yang akan masuk melalui jalan tikus di sekitaran Pos Sei Saparan hal ini ditindaklanjuti dengan melaksanakan patroli pengendapan oleh personel Satgas.

Lanjut Kapendam, saat melaksanakan pengendapan tepatnya pukul 22.15 WIB terlihat dari arah Malaysia satu kendaraan mobil dan satu sepeda motor mencurigakan bergerak menuju ke arah wilayah Indonesia. Saat dilakukan penyergapan oleh personel Satgas pengemudi mobil melarikan diri bersama dengan pengendara sepeda motor ke arah Malaysia.

"Mengetahui ada personel Satgas akan melakukan pemeriksaan para penyelundup melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor dan meninggalkan mobilnya begitu saja," terang Kapendam XII/Tpr.

Selanjutnya personel Satgas Pamtas mengamankan dan melakukan pemeriksaan terhadap mobil tersebut serta melaporkan hal tersebut kepada Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wns.

"Atas petunjuk Dansatgas untuk saat ini barang bukti telah diamankan di Pos Koki SSK 1 Jagoi Babang untuk dilaksanakan pemeriksaan lanjutan,"terang kapendam.

(Rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top