Busines

5 Tips Membeli Buah Langsat Supaya Tidak Tertipu

Pontianak - Buah Langsat, bentuknya bulat dan memiliki ciri khas berwarna kuning muda. Sebagian orang ada juga yang menyebut buah Langsat adalah buah duku. Buah ini paling mudah di dapatkan ketika musim buah di Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Buah Langsat juga merupakan satu diantara ikon kebanggaan warga Khatulistiwa Kalimantan Barat, lantaran buah Langsat yang terkenal manis dan lezat terdapat di Desa Punggur Kecil dan Desa Sungai Jawi.

"Untuk membeli buah Langsat ini ada 5 tips yang harus diperhatikan, yang pertama jenis Langsat yang manis memiliki warna putih ada titik hitam bekas dilalui semut. Kemudian Langsat bentuknya kecil dan agak lonjong," Kata Agus satu diantara penjual buah Langsat di Jl Ahmad Yani Pontianak Kamis, 12 September 2019.

Selanjutnya, tips yang ke 3 ketika membeli buah Langsat agar mendapatkan buah yang segar. Suruhlah penjual tersebut mengambil Langsat yang di dekat kita, jangan yang di depan penjual. Karena kadang buah Langsat yang di dekat penjual kualitasnya kurang baik alias yang sudah mau busuk.

Kemudian, perhatikan meja tempat untuk menjual buah Langsat. Apabila bentuknya memanjang, sudah bisa di pastikan buahnya kurang baik. Karena terkadang buah yang kurang baik mereka taruh di bawah dan buah yang segar ditaruh di atas.

"Warna kulit buah Langsat juga harus diperhatikan, jangan membeli yang sudah berwarna coklat. Karena warna coklat menandakan kalau buah tersebut telah busuk,"ujar Agus.

Agus menambahkan, tips selanjutnya perhatikan penjual buah Langsat dimalam hari. Kalau mereka menggunakan lampu penerangan yang rendup juga patut diwaspadai, karena dikawatirkan dengan kondisi kurang lampu penerangan kita susah membedakan mana buah segar dan yang kurang segar.

Mengenai harga yang kadang dipasang oleh penjual buah juga jangan terkecoh, kalau harganya murah juga patut dicurigai. Karena khawatir kualitasnya kurang baik atau buah Langsat jatuh ketika musim hujan, sehingga buah tersebut basah dan tidak manis,"tuturnya.

(re)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top