Hukrim

Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Polda Kalbar Kembali Akan di Survei

Pontianak – Irwasda Polda Kalbar Kombes Pol Andi Musa menggelar pertemuan dengan pihak Universitas Tanjungpura (Untan), dalam rangka pembentukan tim survei kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polda Kalbar yang bertempat di Ruang Rapat Rektorat Untan, Kamis (19/9/2019).

Dalam pertemuan ini pihak Universitas Tanjungpura langsung dihadiri Rektor Untan Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si. didampingi Wakil Rektor I, Dr. Aswandi dan beberapa pakar penelitian dan survei yang ada di Untan.

Kombes Pol Andi Musa mengatakan Polisi membutuhkan dukungan legitimasi dari publik dalam menjalankan perannya, karena itu diperlukan kembali pengukuran indikator kinerja berdasarkan tingkat kepuasan publik.

“Kepuasan masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor antaranya pengalaman langsung atau dari media, Polri membutuhkan masukan guna mengoptimalkan kinerjanya dalam melayani dan melindungi masyarakat, karena kita ingin mengetahui titik-titik lemah dalam kinerja Polri yang harus diperbaiki, inilah kenapa membutuhkan survei dari pihak Universitas Tanjungpura serta membutuhkan data yang aktual dan juga faktual,” kata Kombes Pol Andi Musa.

Kombes Pol Andi Musa menuturkan, survei ini akan menjadi yang ke-dua kalinya dilakukan Polda Kalbar yang melibatkan pihak eksternal, dan diharapkan survei ini independen sehingga masyarakat bisa percaya dengan hasil survei yang diperoleh.

Hasil survai Untan ditahun 2018, indek kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polda Kalbar tahun 2018, dinilai dari empat aspek, yaitu aspek penegakan hukum, harkamtibmas, pelayanan publik, dan aspek kepercayaan masyarakat, dengan rata-rata penilaian dari setiap aspek persentasenya sekitar 77,61 persen atau dinilai baik.

Kombes Pol Andi Musa berharap survei untuk tahun 2019 ini mendapatkan masukan apakah masyarakat puas atau tidak, sehingga akan menjadi fokus Polda Kalbar dalam melakukan perbaikan terhadap layanan polri di tahun 2020.

“Sehingga kita mengetahui bagaimana respon masyarakat terhadap kinerja Polri, misalnya apakah masyarakat sudah merasakan puas terhadap kinerja Polri di bidang penegakan hukum, pemeliharaan kamtibmas, dan layanan publik polisi,” tutupnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top