Kesehatan

Sesak Nafas Karena Kabut Asap, Ini 7 Rumah Oksigen di Pontianak

Rumah oksigen Dinas Kesehatan Kota Pontianak Kamis,(19/09) Photo: Rahmad

Pontianak - Mencegah dan mengantisipasi Dampak kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda Kalimantan Barat. Dinas Kesehatan Kota Pontianak menyediakan rumah Oksigen gangguan kesehatan kepada warga.

"Kami ada menyediakan tujuh rumah Oksigen untuk melayani masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan seperti sesak nafas akibat kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan," kata Joko Dwi Mulyanto, Kes, Amd petugas Dinas Kesehatan Kota Pontianak, pada Kamis 19 September 2019.

Dari tujuh rumah oksigen tersebut, diantaranya Dinkes Kota Pontianak, Puskesmas Gang Sehat, Puskesmas Alianyang, Puskesmas Perumnas I, Puskesmas Kampung Dalam, Puskesmas Siantan Hilir dan Puskesmas Kampung Bali.

Lebih lanjut, Joko mengatakan kalau rumah oksigen yang disediakan oleh Dinkes kota Pontianak untuk melayani warga yang mengalami sesak nafas pada pertolongan pertama.

"Apabila ada masyarakat yang tiba- tiba mengalami sesak nafas silahkan mengunjungi rumah oksigen untuk dilakukan pemeriksaan dibeberapa layanan yang ditunjuk,"ujar Joko.

Rumah oksigen mulai dibuka sejak Senin, 16 September dan sejak dibuka selama dua hari sudah lima warga yang meminta diperiksa karena mengeluh sesak nafas.

"Layanan rumah oksigen ini dibuka setiap hari dan akan ditutup bilamana Kabut Asap mulai reda hilang, selain disediakan oksigen. Disediakan juga obat-obatan gratis dan alat membantu pernapasan,"ujarnya.

(Rah)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top