Travel

Rumah Radangk Pontianak, Destinasi Yang Menakjubkan

Rumah Radangk Pontianak di jl sultan Syahrir Selasa,(24/09) Photo: Ngadri

Pontianak - Rumah Radangk merupakan rumah adat suku Dayak Kanayatn di Kalimantan Barat. Rumah Radangk ini terletak di Jl Sultan Syahrir kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Saat ini Rumah Radangk menjadi wisata ikon di kota Pontianak yang banyak dikunjungi wisatawan baik dari dalam negeri dan mancanegara.

Satu diantara pengunjung rumah Radangk, yaitu Hendra warga asal Samarinda mengatakan kalau keindahan bangunan rumah Radangk membuatnya takjub dan kagum. Bangunan ini sangat megah dan memiliki luas halaman yang luar biasa.

"Baru kali ini saya mengunjungi rumah Radangk, ternyata bangunannya memang luar biasa. sebelumnya saya tau rumah Radangk ini cuman dari informasi media, tapi kali ini melihat langsung,"kata Hendra pada Senin, 23 September 2019.

Lebih lanjut, Hendra mengatakan sebelum berkunjung ke rumah radangk. Telah mengunjungi wisata yang ada di Pontianak. Yaitu wisata taman tugu Digulis Untan Pontianak, taman Alun-alun Kapuas, taman akcaya dan kemudian baru ke rumah radangk,"ujarnya.

Untuk diketahui apabila kawan-kawan mau mengunjungi wisata rumah Radangk sangatlah mudah, apabila kawan dari bandara internasional Supadio Pontianak hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit bisa menggunakan mobil taxi dan transportasi online.

Rumah Radangk memiliki ukuran yang sangat luas, dan mampu menampung penghuni hingga 600 orang. Selain itu bangunan ini juga dilengkapi dengan halaman tanah dan paving dengan ukuran yang sangat luas. Tempat ini sangat cocok untuk menampung event-event dengan pengunjung yang ramai.

Rumah Radakng di Pontianak mendapatkan gelar dari Museum Rekor Indonesia sebagai rumah adat terbesar di Indonesia. Dengan ukuran panjang bangunan sebesar 138 meter dan lebar 5 meter. Bangunan ini dapat menampung lebih dari 600 orang. Bangunan ini memiliki halaman yang sangat luas yang biasa digunakan untuk upacara adat atau pun acara lainnya.

Bangunan adat ini baru 3 tahun didirikan di Pontianak. Namun karena daya tariknya yang luar biasa, bangunan unik ini dijadikan sebagai ikon kota Pontianak. Rumah radankg mampu mereprsentasikan nilai-nilai budaya lokal. Wilayah Kalimantan sangat tepat bila direpresentasikan dengan keeksotisan dari bangunan adat ini. Bagaimana alam, kehidupan sosial, kesederhanaan serta moderinasi menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi masyarakat.

Keunikan, keindahan, dan kemegahan arsitektur rumah adat Kalimantan barat ini tidak diragukan lagi. Siapapun yang melintas di jalan Sultan Syahrir Pontianak pasti akan terpaku dan terpana melihat keeksotisan bangunan ini. Rumah radankng kerap dijadikan sebagi tempat berburu foto bagi para penghobi kamera. Selain itu, banyak juga pasangan yang mengabadikan momen pernikahan mereka di gedung yang megah ini.

Jika kalian berkunjung ke Kalimantan Barat, pastikan untuk datang ke rumah adat Radankng yang menjadi tempat wisata dan ikon kota di Pontianak. Rumah Radangk merupakan rumah adat suku Dayak Kanayatn di Kalimantan Barat.

Rumah Radank termasuk dalam kategori rumah adat panjang dayak. Beberapa ciri khas dari rumah adat ini ialah memiliki kolong atau pondasi rumah yang tinggi untuk perlindungan binatang buas dan musuh, bentuk arsitektur unik khas Kalimantan pada atap dan bangunannya. Rumah panjang biasanya dilengkapi dengan bilik- bilik untuk dihuni beberapa keluarga. Jumlah penghuni rumah ini dapat mencapai 100 orang.

(Ris)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top