Regional

Ditengah Aksi Demo, Polisi dan Mahasiswa Kompak Pungut Sampah

Pontianak - Polisi dan mahasiswa kompak bergotong royong membersihkan sampah di area lokasi aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD Provinsi Kalimantan Barat pada Senin, 30 September 2019.

Sampah yang berserakan di pungut dan dimasukkan ke dalam kantong plastik berwarna hitam, selanjutnya sampah tersebut diangkut menggunakan mobil Dalamas Polda Kalbar.

Sebelumnya, ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kalimantan Barat menggelar aksi unjuk rasa menolak revisi UU KPK dan RKUHP. Mereka meminta kepada anggota DPRD provinsi Kalbar yang baru dilantik menyampaikan aspirasi ke DPR RI.

Aksi unjuk rasa yang dimulai dari pukul 09.00 wib hingga pukul 13.00 merupakan aksi lanjutan pada Rabu 25 September 2019 yang meminta agar RUU KPK dan RKUHP yang telah disahkan oleh DPR RI dan Presiden RI agar direvisi dan di cabut.

Ketua aksi unjuk rasa Fahmi, mengatakan kawatir apabila RUU KPK disahkan koruptor di Kalimantan Barat akan meraja rela oleh sebab itu ia menolak dan meminta kepada Presiden RI agar menerbitkan Perpu mencabut RUU KPK dan RKUHP yang telah disahkan oleh DPR RI.

"Kami minta RUU KPK dan RKUHP yang telah disahkan oleh DPR RI dan Presiden RI di revisi atau dicabut. Selanjutnya mendesak kepada Presiden RI supaya menerbitkan Perpu,"ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Polda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono juga tampak menemui mahasiswa dan mengajak masa mahasiswa berdialog.

Dialog bersama mahasiswa, Didi Haryono mengapresiasi aksi massa mahasiswa yang berjalan tertib, aman dan damai. Dari depan kantor DPRD Provinsi Kalbar ia mengucapkan terima kasih dan meminta kepada mahasiswa pulang ke kampusnya masing-masing dengan dikawal aparat keamanan.

"Saya minta adek- adek mahasiswa pulang ke kampusnya masing-masing usai aksi unjuk rasa ini. Karena ini sudah siang saatnya kita kembali ke kampus dan melaksanakan shalat Zuhur,"kata Kapolda.

(dri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top