Kuliner

Resep Membuat Kue Bingke Khatulistiwa Khas Pontianak

Foto: Kue Bingke khatulistiwa Pontianak

Pontianak – Ke Pontianak tak lengkap rasanya apabila belum menyantap kue Bingke Khatulistiwa, yang merupakan kuliner khas Pontianak Kalimantan Barat. Kue ini begitu laris dan banyak diburu masyarakat untuk oleh-oleh sanak keluarga.

Toko kue bingke khatulistiwa, sangat terkenal dan terletak di Jl Adisucipto, Nomor. 155 Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak Kalimantan Barat dan menjadi sentra produksi kue bingka.

“Kue bingke khatulistiwa, memiliki tiga belas macam rasa, diantaranya ada rasa susu, berendam, durian, kacang hijau, keju, coklat keju, pisang keju, rasa asin/daging, pandan, jagung dan kentang ubi,” Ira Susanawati pemilik rumah produksi kue bingke khatulistiwa Rabu, 2 Oktober 2019.

Rumah produksi kue bingke khatulistiwa dibuka mulai tahun 1995, dan pada tahun 1997 mulai ramai dikunjungi pembeli. Dari tiga belas jenis kue bingke yang dijual, jenis bingke berendam rasa original paling banyak di buru pembeli.

“Pembeli yang datang ada wisatawan dari Negara Tetangga Malaysia, Brunei dan pengunjung dari Jakarta. Mereka beli untuk oleh-oleh sanak saudara dan kue bingke ini paling banyak di buru oleh warga pas bulan ramadhan untuk berbuka puasa,”ujar Ira.

Harga kue bingke khatulistiwa, Dimulai dari Harga, Rp 16 ribu, 20, 22, dan 25 ribu rupiah.

Bahan-bahan untuk membuat kue bingke khatulistiwa sebagai berikut :

1. Telor
2. tepung.
3. gula
4. santan.
5. Buah durian
6. Coklat
7. Buah pisang
8. Ubi rambat.
9. Kacang hijau
10. Keju

Proses pembuatan:

Bahan dasar, telor, tepung, gula dan santan dikocok secara manual. setelah pengocokan selesai kemudian adonan dibakar sekitar 20 menit, setelah 20 menit dibakar kue bingke sudah siap di santap dan dijual kepada konsumen.

Rumah produksi kue bingke khatulistiwa, dalam satu hari bisa mencetak ratusan kue dari tiga belas rasa yang berbeda. Dan mampu mempe kerjakan 15 karyawan, yang bertugas memproduksi kue dan menjaga toko.

Satu diantara pengunjung rumah produksi kue bingke khatulistiwa, Frida warga Jl Sungai Raya Dalam menuturkan. Kue bingke khatulistiwa memiliki rasa khas, dan enak. rasanya legit, manis dan pas dilidah.

“Saya sering membeli kue bingke khatulistiwa ini, terutama di bualn ramadhan untuk berbuka puasa. Dan kue bingke yang saya suka jenis kue bingke ubi rambat, rasanya enak , manis dan gurih,”ujarnya.

(Re)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top