Hukrim

Satpolair Polda Kalbar Sita Ratusan Kayu Ilegal Logging

Satpolair Polda Kalbar amankan ratusan batang kayu ilegal logging di kecamatan kubu pada Rabu, (02/0) Photo: Rahmad

Pontianak – Direktorat Polisi Air Polda Daerah Kalimantan Barat, unit 2 Subdit tindak gakum berhasil mengamankan ratusan kayu ilegal logging bentuk gelondongan di paret rimba Dusun Tokaya, Desa Kubu, Kecamatan Kubu, Kalimantan Barat pada Minggu, 29 September 2019.

Direktur Pol Airud Polda Kalbar Kombes Pol H Alex Fauzi Rasad, SST.MK melalui Iptu Lutfhi ketika dikonfirmasi oleh media ini Rabu, 2 Oktober 2019 membenarkan, pihaknya telah melakukan penertiban ilegal logging di sebuah sawmil di parit rimba, Dusun Tokaya, Desa Kubu, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu, Kalimantan Barat.

“Iya benar mas, kami ada melakukan penertiban ilegal logging. Sekarang barang bukti kayu rakitan dalam bentuk gelondongan sedang digeser kekantor Pol Airud untuk proses lebih lanjut,” kata Iptu Lutfhi.

Penertiban ilegal logging diawali dengan melakukan pemeriksaan terhadap dua sawmil yang berada di parit rimba dusun tokaya desa kubu Kabupaten kubu raya, setelah dilakukan pemeriksaan satu sawmil ada banyak rakit kayu yang berada di sawmil tersebut namun pemiliknya sudah tidak ada an. sedangkan satu sawmil berikut nya melakukan kegiatan pengolahan kayu yang pada saat itu pemilik sawmil berada di tempat yaitu US alias bujang.

“Kemudian dua pekerja pak de dan Bambang, dibawa ke Marnit patroli muara kubu untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sementara barang bukti yang berhasil diamankan, kayu bulat kurang lebih 500 batang, dua piringan pemotong kayu dan dua buah Cinsaw,”pungkasnya.

(Rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top