Hukrim

Unit Reskrim Polsek Pontianak Kota Ringkus Dua Pelaku Curanmor

Foto: Pelaku Curanmor

Pontianak - Unit Reskrim Polsek Pontianak Kota meringkus dua Pria yang berinisial 'NN' dan 'AM', Keduanya diamankan pada Rabu, (2/9) dalam dua aksi kriminalitas yang ditangani Polsek Pontianak Kota.

Kapolsek Pontianak Kota melalui Kasi Humas Aiptu MP. Simanjuntak mengatakan, mulanya pihaknya menanagani satu kasus pencurian kendaraan sepeda motor milik Hadi Akbar.

Kejadian itu terjadi pada
Senin (30/9,sekira pukul 22.20 WIB diparkiran sebuah toko kacamata, di Jalan Suwignyo, Pontianak Kota.

Kejadian berawal pada saat korban tengah memakirkan sepeda motor miliknya dalam keadaan kunci menempel di kontaknya.

"Jadi saat itu, korban lupa mencabut kunci yang masih menempel di kontak. Setelah itu, ia meninggalkannya pergi begitu saja," terangnya.

Pada saat korban keluar, korban pun mendapati sepeda motor miliknya raib. Tidak ada cara lain, yang dapat dilakukan selain Haikal Akbar melapor kejadian tersebut kepada aparat kepolisian dan mengaku mengalami kerugian materil sebesar 18 juta rupiah.

Atas dasar tersebut, tambah dia, unit reskrim Polsek Pontianak Kota langsung bergerak. Hingga akhirnya petugas mendapatkan titik terang bahwa pelaku pencurian itu adalah Nawardin.

"Keberadaannya kemudian kita buru untuk memastikan dugaan tersebut,"

Rabu (2/9) kemarin, akhirnya tersangka Nawarin berhasil ditangkap. Rupanya Nawardin kala itu, juga sedang beraksi bersama rekanya Aris Munandar di Jalan Prof. Dr. Hamka.

Foto: Pelaku Curanmor

"Dia mencuri tas seorang wanita berinisial 'NS' Saat itu tas korban yang tergantung di motornya dicuri pelaku, hingga mereka (keduanya) tertangkap tangan," tambahnya.

Simanjuntak menjelaskan, tim yang mendengar kabar tersebut langsung mendatangi TKP untuk memastikan pelaku adalah Nawardin adalah orang yang dicari atau bukan.

Dan setelah sampai, ternyata satu diantaranya yakni Nawardin dipastikan merupakan pelaku pencurian yang dua hari sebelumnya melakukan pencurian satu unit sepeda motor di wilayah hukum Polsek Pontianak Kota.

Kedua tersangka tersebut kemudian dibawa ke Mako Polsek Pontianak Kota guna diperiksa.

Saat diinterogasi, Nawardin mengakui perbuatannya telah mencuri sepeda motor tersebut karena melihat adanya kesempatan dan tergiur melihat kunci yang tergantung. Terlebih saat melakukan aksinya, keadaan di sekitar TKP saat itu tengah sepi. Sementara Aris Munandar terjerat kasus penjambretan.

"Untuk kasus pencurian tas pelaku Nawardin, mengaku hanya bertindak mengawasi keadaan sekitar saja. Sementara eksekutor dilakukan oleh tersangka Aris Munandar," jelasnya.

Dari tangan Mawardin, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor milik korban yang dicuri. Selain itu, barang bukti lain adalah nomor polisi (plat) sepeda motor curian yang sebelumnya sempat dilepas oleh pelaku dengan alasan agar menjaga identitas sepeda motor curian yang dipakainya.

"Pelaku beserta barang bukti hasil curian saat ini sudah diamankan. Mereka dijerat sesuai dengan Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dan hukuman kurungan penjara diatas lima tahun," pungkasnya.

(Humas Polsek Pontianak Kota)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top