Regional

Ini Arti Tato Menurut Suku Dayak

Pontianak – Tato menurut suku Dayak disebut Tutang, setiap tato memiliki arti yang berbeda. Tergantung dari motif tato yang dibuat, Pembuatan tato juga tidak boleh sembarangan.

Pemilik tato sebagai penanda status sosial, bahwa pemilik tato adalah keturunan suku Dayak. Tato bagi suku Dayak adalah yang sakral berhubungan erat dengan beberapa kejadian.

“Menurut kepercayaan suku Dayak, tato menunjukkan status sosial. Dan Pembuatan tato tidak boleh sembarangan, hanya untuk orang tertentu ,”kata Neka Permata pemandu museum Provinsi Kalbar pada Senin, 7 Oktober 2019.

Bentuk dan gambar tato pada suku dayak umumnya di ambil dari alam seperti burung enggang yang mewakili dunia atas, tali nyawa pada katak yang mewakili dunia bawah, serta beberapa motif seperti motif bunga terong, cabang pohon dan berbagai bentuk-bentuk lain yang di ambil dari alam.

Selain itu dikenal juga tutang bajai gambar naga, saluang murik, apui palapas langau, manuk tutang usuk, matan punei, manuk tutang penang, lampinak dana tutang tasak bajai dinding.

“Tato yang terdapat di jari-jemari tangan menunjukkan bahwa si pemilik adalah orang yang banyak berjasa dalam tolong-menolong. Kemudian,Tato Bunga Terung atau bunga terong dengan gambar tali nyawa dibagian tengahnya merupakan penanda bahwa seorang lelaki dari suku dayak telah memasuki masa usia dewasa,”kata Neka.

Tato motif muka harimau, tato ini biasanya di letakkan di bagian paha menunjukkan status sosial yang tinggi bagi pemiliknya.

“Tato Ukir Rekong terletak di leher berfungsi untuk memberikan kekuatan pada tenggorokan atau berfungsi sebagai pelindung,”ujarnya.

(dri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top