Hiburan

Tips Mengatur Suhu AC Supaya Dingin dan Hemat Listrik

Bagi sebagian orang, air conditioner layaknya kipas yang sekali nyala bisa langsung mendinginkan seluruh ruangan. Bedanya untuk AC, Anda bisa menentukan sendiri suhu yang dihasilkan oleh pendingin ruangan tersebut. Sayangnya, masih banyak orang awam yang kurang paham bagaimana cara mengatur suhu AC yang benar.

Suhu AC yang pas tidak hanya menghemat pengeluaran listrik bulanan, tetapi juga mempengaruhi kesehatan tubuh Anda. Suhu yang terlalu dingin dalam ruangan bisa membuat Anda terkena gangguan kesehatan seperti hipotermia dan juga flu. Oleh karena itu, berikut adalah cara menyetel suhu AC yang pas di dalam ruangan:

• Setting dulu di 25.5oC

Pertama-tama, tentukan suhu standar yang paling pas untuk ruangan Anda. Namun, bukan berarti ini menjadi patokan agar Anda terus menyetel suhu ini sepanjang waktu. Ini juga disesuaikan dengan kondisi suhu di luar ruangan yang turut mempengaruhi. Suhu ini dianggap suhu terbaik karena Anda bisa merasakan dingin sekaligus menghemat biaya listrik rumah.

• Naikkan dan turunkan satu derajat setahap demi setahap

Jika Anda merasa suhu 25.5o C masih terlalu panas, turunkan suhu satu level lebih rendah. Rasakan perlahan, turunkan lagi hingga Anda merasa nyaman. Hal ini sama dengan jika Anda merasa terlalu dingin dengan suhu 25.5o C. Naikkan perlahan-lahan hingga Anda menemukan suhu yang ideal bagi ruangan Anda.

• Matikan AC saat Anda berpergian

Mematikan AC saat rumah Anda kosong bisa membantu menghemat pengeluaran listrik bulanan. Jika tetap mau dinyalakan, naikkan suhunya sekitar 2-3o dari suhu normal.

• Pilih suhu 4o lebih tinggi saat bersiap tidur

Sebagian besar orang lebih merasa nyaman ketika tidur dengan suhu yang lebih hangat. Sebaiknya Anda menaikkan suhu setidaknya 4o lebih tinggi dari suhu yang biasa Anda gunakan, sehingga Anda bisa tetap merasa dingin tanpa harus kedinginan. Namun, jika Anda termasuk yang bisa lebih bisa pulas dengan suhu dingin, kembalikan saja pengaturannya seperti saat di siang hari.

Pilih merk AC yang bagus.

Untuk menghasilkan suhu ruangan super nyaman, ada baiknya Anda berinvestasi pada AC berkualitas. Design yang memiliki fitur Fast Cool sehingga dengan seketika rumah Anda akan terasa dingin.

Selain itu, terdapat pula fitur Comfort Cool yang berfungsi mempertahankan suhu ideal ruangan Anda dalam waktu lama, sehingga Anda tak perlu repot lagi mengubah pengaturan suhu terlalu sering.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top