Nasional

Banyak Yang Belum Tahu, Ini Perancang Lambang Negara Indonesia

Pontianak- Burung Garuda adalah lambang negara Indonesia, tapi kalau di tanya siapa yang membuat dan merancangnya mungkin banyak orang Indonesia yang tidak mengetahui. Ternyata perancang lambang Garuda Pancasila adalah Sultan Hamid II, dia adalah seorang sultan Pontianak yang ke tujuh.

Ditemui media ini Pemandu Destinasi wisata Keraton Kadriah Pontianak, Syarif Kasim Alkadrie mengatakan kalau sejarah perancang lambang Garuda Pancasila adalah Sultan Hamid II yang merupakan seorang sultan Pontianak yang ke-7.

"Pada tahun 1950 burung Garuda Pancasila yang merupakan lambang negara Indonesia dirancang oleh Sultan Hamid II dengan membuat konsep logo burung Garuda ," Kata Syarif Kasim Alkadrie pada Sabtu, 19 Oktober 2019.

Sultan Hamid II, yang merupakan sultan Pontianak yang ke tujuh, lahir dengan nama Syarif Abdul Hamid Alkadrie. Ia adalah putra sulung sultan Pontianak yang ke enam.

Syarif Muhammad Alkadrie, lahir di Pontianak Kalimantan barat, pada 12 Juli tahun 1913. Meninggal dunia di Jakarta, pada tanggal 30 Maret tahun 1978 ketika berumur 64 Tahun.

"Ketika Indonesia masih berbentuk Republik Indonesia Serikat, Sultan Hamid II pernah menjabat sebagai menteri negara. Tapi tanpa adanya portofolio, Kabinet pada waktu itu dipimpin perdana menteri Mohammad Hatta,"pungkasnya.

(Dri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top