Gadget

Delapan Tips Membeli Smartphone Bekas Tapi Bagus

Foto ilustrasi headphone bekas

Buat kamu yang memang tidak terlalu gadget Buat kamu yang memang tidak terlalu mengetahui tentang headphone keluaran terbaru dengan spesifikasi tinggi tidak menjadi persoalan besar. Salah satu cara untuk tetap bisa mengikuti perkembangan handphone ya dengan membeli smartphone bekas.

Tentu kamu mendapatkan keuntungan dari soal harga karena sudah bisa dipastikan harga smartphone bekas itu murah. Tapi tetap saja kamu harus tahu dulu tips membeli smartphone bekas. Nah, 10 tips ini harus kamu perhatikan sebelum membeli hanphone bekas.

Cek harga smartphone yang sedang diincar.

Ini menjadi hal penting karena jangan sampai kamu membeli smartphone second dengan harga yang lebih mahal. Rajin – rajin lah browsing harga di internet.

Membeli handphone bekas bukan berarti kamu mengabaikan kondisi fisik

Nggak mau dong kalau handphone yang baru kamu beli dalam kondisi yang sudah tergores. Jadi kamu benar – benar harus meneliti apakah casingnya dalam kondisi bagus.

Cermati segel yang ada di dalam handphone atau smartphone.

Ini juga nggak kalah penting dan benar – benar harus kamu cek. Coba cek segel yang biasanya ada di bagian dalam dekat dengan baterai. Segel – segel ini menandakan kalau handphone bekas ini belum pernah dibongkar atau di-service.

Kelengkapan smartphone bekas juga penting banget.

Kalau biasanya kamu hobi menyimpan dus barang – barang elektronik artinya kamu sudah tahu kalau kelengkapan seperti dus ini sangat penting ketika membeli smartphone bekas. Intinya kalau kurang kelengkapannya kurang kamu bisa menawar harga menjadi lebih rendah lagi.

Cek nomer IMEI

Nomer IMEI ini adalah nomer untuk mengecekkeaslian smartphone Android. Pastikan nomer ini sama dengan dusnya. Cara mengecek hal ini kamu bisa mengetik *#06# nanti nomer IMEI akan muncul secara otomatis.

Baterai juga menjadi salah satu pertimbangan yang cukup penting.

Beli smartphone kalau baterainya nggak tahan lama sama aja bohong. Spesifikasi handphone dengan baterai kapisitas besar juga sangat penting. Jangan lupa tes untuk men-charge di depan sang penjual.

Cek penerimaan sinyal di handphone bekas yang ingin dibeli.

Nggak lucu kan kalau ternyata handphone atau smartphone bekas yang kamu incar ini susah mendapatkan sinyal. Jadi pastikan hal ini lebih dulu sebelum kamu memutuskan untuk membeli.

Lebih baik membeli handphone yang masih bergaransi

Namanya juga membeli barang second atau bekas jadi kemungkinan untuk rusak juga lebih tinggi. Kartu garansi menjadi salah satu yang harus kamu pertimbangan, cari smartphone bekas yang masih memiliki setidaknya 6 bulan garansi.

Lakukan tes terhadap fitur di handphone atau smartphone bekas

Sama saja seperti membeli handphone atau smartphone baru kamu juga harus mencoba fitur – fitur yang ada didalamnya. Nah, hal ini juga harus kamu lakukan di handphone bekas yang ingin kamu beli. Jangan lupa untuk mengecek kamera dan audionya.

Jangan buru – buru memutuskan

Walaupun smartphone bekas yang kamu incar sudah memiliki spesifikasi yang sudah kamu inginkan. Tapi tetap jangan terlalu terburu – buru memutuskan membeli, kalau masih punya kesempatan kamu bisa mencoba mencari di tempat lain sebagai bahan perbandingan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top