Hiburan

7 Cara Menjaga Rumah Tangga Supaya Terus Harmonis Sampai Tua

Foto : Ilustrasi

Setiap pasangan pasti akan menemui permasalahan dan konflik rumah tangga. Dan jika bisa mengatasi hal tersebut, maka sangat mungkin bisa menjadi pasangan yang bisa menjaga hubungan rumah tangga harmonis sampai tua.

Namun tentunya hal tersebut tidaklah mudah. Untuk bisa menjaga rumah tangga harmonis sampai tua, dibutuhkan tips-tips, kesabaran dan rasa kasih sayang yang ekstra antar pasangan.

Kunci Menjaga Rumah Tangga Agar Tetap Harmonis Sampai Tua

Nah, berikut kami bagikan rahasia menjaga hubungan rumah tangga agar tetap harmonis sampai tua. Penasaran?

Bangun Komunikasi Setiap Hari

Menjaga komunikasi dalam hidup bersama memang terkesan sederhana, namun memiliki kekuatan yang dahsyat. Terkadang untuk beberapa alasan, pasangan suami istri sering menyepelekan dan mengabaikan komunikasi karena sibuk dengan urusan masing-masing. Inilah yang lambat laun akan memperburuk hubungan rumah tangga.

Setidaknya luangkanlah waktu minimal 15 menit untuk mengobrol santai secara langsung atau via telepon setiap malam dan sebelum tidur. Ciptakan komunikasi yang rutin untuk menjaga keharmonisan rumah tangga.

Hargai dan Terima Pasangan Apa Adanya

Setiap pasangan suami istri pasti memiliki perannya masing-masing. Tugas Anda hanyalah saling melengkapi dan menghargai pasangan apa adanya. Tidak ada salahnya mengucapkan kata ‘tolong’, ‘minta maaf’, dan ‘terima kasih’ untuk hal-hal kecil kepada pasangan Anda. Kata-kata sederhana tersebut dapat membuatnya senang karena merasa dihargai keberadaannya di sisi Anda.

Seimbangkan Urusan Pekerjaan dan Keluarga

Dalam berumah tangga, baik itu suami maupun istri harus dapat menyeimbangkan urusan pekerjaan dan keluarga. Hubungan rumah tangga yang harmonis menjadi renggang dapat disebabkan karena sibuknya waktu bekerja sehingga melupakan keluarga. Begitu pula sebaliknya, jika kepala rumah tangga selalu di rumah sampai melupakan waktu mencari nafkah, hubungan suami istri juga akan renggang karena munculnya permasalahan ekonomi keluarga.

Maka dari itu, baik suami maupun istri harus belajar menyeimbangkan urusan pekerjaan dan keluarga. Lupakan urusan pekerjaan ke dalam rumah dan jangan pula membawa permasalahan rumah ke dalam urusan pekerjaan.

Belajar untuk Saling Mengalah

Ketika terjadi perselisihan atau perdebatan, hindari keinginan untuk menjadi yang paling benar. Sebagai pasangan yang baik, Anda harus menurunkan ego dan mencoba mengalah agar perselisihan tidak semakin parah. Bukan mengenai siapa yang benar dan salah dalam menyelesaikan perdebatan, namun bagaimana cara terbaik agar perdebatan mereda dan mempertahankan keharmonisan rumah tangga.

Selesaikan Permasalahan dengan Secepatnya

Jika muncul suatu permasalahan dengan pasangan, maka selesaikan permasalahan tersebut dengan segera. Jangan biarkan permasalahan tersebut berlarut-larut dan berkembang menjadi permasalahan yang lebih besar lagi. Sebaiknya Anda menyelesaikan permasalahan tersebut pada hari itu juga sebelum muncul permasalahan yang lainnya.

Usakahan membicarakan permasalahan tersebut setelah anak-anak tertidur sehingga menghindari pertengkaran di depan anak-anak. Bicarakan bersama dengan kepala dingin dan usahakan menyelesaikannya sebelum tidur. Jika setiap permasalahan dapat diselesaikan dengan cepat dan tidak pernah mengungkitnya lagi, maka keharmonisan rumah tangga dapat dipertahankan sepanjang masa

Ciptakan Kebiasaan Romantis

Sesibuk apapun dalam bekerja maupun mengurus keluarga, sebagai pasangan suami istri harus menyempatkan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang romantis. Usahakan membiasakan diri dengan berpelukan atau berciuman sebelum berangkat atau sepulang kerja.

Terbiasa melakukan kebiasaan romantis dan penuh cinta dapat meningkatkan hormone oksitosin yang membuat bahagia, membentuk empati, dan memperkuat kepercayaan dalam berhubungan jangka panjang. Jika hubungan antara suami istri terjalin dengan hangat dan mesra, maka suasana dalam rumah tangga juga akan menjadi hangat dan harmonis pula.

Liburan Bersama Keluarga

Untuk mendapatkan suasana yang baru dan menyegarkan, Anda perlu meluangkan waktu untuk berlibur bersama keluarga. Setelah penat melewati berbagai aktivitas kantor dan permasalahan rumah tangga, liburan bersama keluarga merupakan cara terbaik untuk merefresh otak dan hubungan kekeluargaan. Lepaskan semua beban pikiran dan ciptakan kembali waktu yang hangat dan berkualitas untuk mengganti waktu yang sempat hilang ketika sibuk bekerja. Nikmati liburan dan bersantailah bersama keluarga tercinta.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top