Regional

Bupati Sekadau Launching Bantuan Non Tunai

Sumber Foto: Humas Pemkab Sekadau

Sekadau – Bupati Sekadau Rupinus membuka kegiatan launching program Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) yang dilaksanakan di gedung Kateketik, Jl.Merdeka Selatan No.15 Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir, Rabu (6/11/2019). Pada kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) oleh Bupati Sekadau.

Bupati Sekadau Rupinus mengatakan, jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Sekadau sebanyak 8.273 KPM yang terdiri dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT).

“Dari jumlah 8.273 keluarga penerima manfaat, sebanyak 5.319 keluarga penerima manfaat yang menerima BNPT telah terafiliasi dengan PKH dan 2.954 KPM adalah BPNT murni yang akan menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang tersebar di 7 (Tujuh) Kecamatan di Kabupaten Sekadau”,Ujar Rupinus.

“Transaksi KKS tidak boleh diwakilkan pada saat transaksi, agar keluarga penerima manfaat menunjukan E-KTP asli kepada E-Warung tempat melaksanakan transaksi pembelian, apabila selama 3 (tiga) bulan berturut-turut tidak ada transaksi, maka rekening KPM tersebut akan otomatis di blok dari pusat”,Pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial PP dan PA Kabupaten Sekadau, Suhardi menjelaskan bahwa Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) merupakan bantuan pangan dari pemerintah peralihan dari bantuan sosial pangan yang sebelumnya berbentuk beras subsidi (Beras Keluarga Sejahtera).

“Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di elektronik warung gotong royong (E-Warung) atau warung tradisional yang telah bekerjasama dengan Bank Mandiri dan Perum Bulog”,Kata Suhardi.

“BNPT sendiri merupakan peralihan dari bantuan sosial pangan yang sebelumnya berbentuk beras subsidi atau yang kita ketahui dengan nama rastra atau beras keluarga sejahtera, untuk Kabupaten Sekadau mendapat kuota sebanyak 8.273 KPM dengan masing-masing mendapatkan bantuan sebanyak Rp.110.000 perbulan”,Jelasnya.

Sumber : Humas Pemkab Sekadau

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top