Busines

Gaji Terlambat Dibayar, Puluhan Karyawan Hotel Kartika Mogok Kerja

Pontianak - Sekitar 80 karyawan Hotel Kartika di Jl Rahadi Oesman No 2, kota Pontianak, Kalimantan Barat menggelar mogok kerja pada Jumat, 8 November 2019. lantaran gaji molor.

Ahmad satu diantara karyawan hotel Kartika yang bertugas di bagian Reception mengatakan, kalau ia bersama karyawan yang lain belum menerima upah dari pihak hotel. Padahal sesuai perjanjian upah dibayarkan setiap tanggal 5.

"Gajian selalu molor, dulu juga pernah seperti ini dan sudah dibuat surat kesepakatan bersama antara pihak karyawan dengan management hotel kalau gaji setiap bulan di tanggal 5. Tapi surat perjanjian kerjasama tidak ditepati oleh pihak hotel,"kata Ahmad kepada media ini pada Jumat, 8 November 2019.

Ahmad melanjutkan, selain upah yang diberikan pihak hotel selalu molor. asuransi kesehatan seperti BPJS selama gajian selalu dipotong. Tapi ketika klaim ingin menggunakan BPJS juga mengalami kendala karena uang tidak disetorkan ke pemerintah.

"Saya berharap management hotel konsisten dengan surat perjanjian yang disepakati bersama, dan tepat waktu membayarkan upah para karyawan. Kalau hari ini upah belum dibayarkan kami para karyawan tetap akan menggelar mogok kerja,"ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh perwakilan karyawan, yaitu Romy kalau para karyawan yang jumlahnya sekitar 80 orang hingga tanggal 8 November belum menerima gaji. Padahal dalam perjanjian yang disepakati antara pihak hotel dan karyawan gaji para karyawan akan dibayarkan awal bulan sekitar tanggal 5, tapi hingga saat ini sudah tanggal 8 karyawan belum menerima hak pembayaran gaji.

"Kalau memang hari ini pihak management hotel belum membayarkan upah dan uang BPJS para karyawan, karyawan tetap akan melakukan mogok kerja,"ucapnya.

Mediator Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Kalimantan Barat Umar mengungkapkan, kalau permasalahan gaji karyawan yang mengalami keterlambatan merupakan mis komunikasi antara karyawan dengan pihak hotel Kartika. Pihak hotel akan membayarkan keterlambatan Upah tersebut pada tanggal 10 tapi bertepatan dengan hari libur.

"Jadi mengenai gaji karyawan yang belum dibayarkan ini hanya mis komunikasi. Tapi saya berharap pihak hotel hari ini menyelesaikan hak-hak karyawan, kalau memang hari ini gaji karyawan belum juga dibayarkan. Maka, Minggu depan pihak hotel akan kita panggil," ujar Umar.

Sementara itu, manager Hotel Kartika Angga ketika dikonfirmasi oleh sejumlah wartawan enggan memberikan klarifikasi. "Maaf ya saya belum bisa memberikan hak jawab,"katanya.

(Mad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top