Regional

Usianya Ratusan Tahun, Rumah Panggung di Pontianak Masih Kokoh

Foto: Rumah panggung

Pontianak - Usianya sudah 110 tahun, rumah panggung arsitektur tipologi rumah tradisional tempo dulu milik Rizal yang terletak di RT. 01 RW 08 Kelurahan Benua Melayu Darat , Kecamatan Pontianak Selatan, Kalimantan Barat. Masih terlihat tegap

Ketika dikunjungi media ini pemilik rumah panggung, yakni Rizal mengatakan rumah panggung peninggalan kakeknya usianya sudah mencapai 110 tahun. Dan rumah tersebut memang sudah pernah dilakukan renovasi dengan mengganti atap, plafon dan tiang rumah.

"Dulu atap rumah terbuat dari sirap, namun seiring berjalannya waktu atap diganti menggunakan atap seng. Tapi kalau bentuk dan arsitektur nya tidak ada perubahan masih seperti bentuk tempo dulu khas Melayu," kata Rizal pada Jumat, 8 November 2019.

Rizal mengatakan, rata-rata rumah panggung memiliki banyak pintu dibagian depan dan jendela dibagian samping kanan dan kiri. Tujuannya supaya sirkulasi udara lebih mudah keluar masuk dan udaranya segar.

"Seperti rumah saya ini memiliki tiga pintu dibagian depan, dua jendela dibagian kanan dan dua jendela dibagian kiri. Sehingga siang dan malam tidak perlu menggunakan AC pun sudah dingin,"ujarnya.

Ia menambahkan, rumah panggung yang belum mengalami renovasi bentuk dindingnya berdiri tegak, tiang rumah menggunakan kayu ulin tingginya mencapai 2,5 meter, atapnya menggunakan sirap dan lantai papan kayu Ulin.

"Tapi saat ini rumah panggung mulai berkurang lantaran sang pemilik ada yang membongkar dan membangun dengan menggunakan beton dan ada yang merenovasi dengan model jaman sekarang,"tukasnya.

(RI)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top