Gadget

Jangan Lakukan 5 Hal Ini, Lcd Hp Kamu Bisa Rusak!

Foto : Ilustrasi

Karena hampir 24 jam kegiatan kita berhubungan dengan hp atau smartphone, maka anda wajib kenal dengan ciri-ciri lcd hp rusak ini. Apalagi generasi milenial, yang bahkan saat tidurpun sepertinya tidak bisa lepas dari hp. Sepertinya saat ini hp menjadi teman paling setia yang ada disetiap suka dan duka.

Maka dari itu setidaknya jika salah satu tanda atau ciri-ciri dibawah ini terjadi pada hp anda, sebaiknya lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Karena harga atau ongkos mengganti layar lcd itu tidak murah. Anda perlu merogoh koceh yang cukup besar untuk memperbaiki layar lcd yang sudah rusak.

Belum lagi harus membeli LCD hp yang harganya cukup mahal sampai ratusan ribu tergantung dengan spek hp yang dimiliki.

Hp Jatuh dan Layar LCD ada Dibawah saat Jatuh Menaruh HP di Tempat Sempit Menekan Layar Berlebihan Ditaruh Dekat Barang Elektronik Menyentuh Layar yang Salah Sinar Matahari Langsung

Sekarang kalian sudah tau apa saja penybab layar lcd rusak, jadi harus selalu berhati-hati saat memegang smartphone.

Tanda atau ciri-ciri pertama yang bisa anda ketahui bahwa layar lcd hp anda sudah mengalami masa kerusakan yaitu adanya titik hitam kecil yang mungkin tidak begitu anda sadari di bagian tertentu saja.

Biasanya kemunculan titik hitam ini akan dibarengi dengan dead pixel atau matinya layar hp anda beberapa kali tanpa sebab tertentu. Jika anda sudah menemui tanda berikut, maka mulailah berhati-hati dalam memakai hp.

Jangan terlalu terforsir. Jika tidak maka lama kelamaan akan terjadi layar hp hitam sebagian. Gantilah lcd jika sudah terjadi seperti itu.

Kemudian, ciri-ciri lcd hp rusak yang wajib anda tau selanjutnya adalah kemunculan garis pada layar hp secara vertical maupun horizontal. Warna garis yang muncul bisa hitam atau berwarna-warni seperti layar yang sedang mengalami eror.

Namun yang perlu anda tau hal tersebut bukanlah eror pada sistem hp anda melainkan tanda-tanda lcd anda sudah mulai rusak.

Penyebab layar hp ada garis hitam tersebut tidak lain karena terjadi suatu benturan yang sangat keras atau bisa disebabkan karena hp jatuh. Mungkin masih bisa digunakan, namun lama kelamaan akan memunculkan dead pixel secara terus menerus.

Jika hp anda sudah pernah mengalami layar anda dalam keadaan menyala namun layar terlihat gelap alias no backlight, itu merupakan ciri-ciri lcd hp rusak.

Dalam kondisi ini mungkin anda masih bisa melihat tulisan serta menu-menu yang ada di hp, namun akan terasa sangat kesulitan ketika anda berada di ruangan terbuka atau dibawah cahaya matahari.

Lampu lcd akan sangat dibutuhkan untuk bisa melihat tulisan di layar hp. Kondisi seperti ini bisa disebabkan karena terjadi konslet, korosi atau adanya benturan keras pada layar hp.

Ketika anda menyalakan hp namun tidak ada gambar apapun yang muncul di layar hp, padahal hp sedang dalam keadaan menyala maka itu adalah salah satu ciri-ciri lcd hp rusak. Sekilas kejadian ini akan terlihat sama seperti no backlight, dilihat akan gelap. Namun bukan.

Keadaan lampu layar lcd mati tetap akan memunculkan visualisasi gambar serta tulisan, masih bisa berfungsi dengan baik namun memang terlihat gelap. Namun ketika kejadiannya sudah “No Display”, maka tidak ada jalan keluar lagi selain mengganti layar lcd lama dengan yang baru.

Mungkin anda pernah mengalami meleset pada saat mengetik di layar touchscreen. Untuk sekali dua kali mungkin masih bisa dibilang jika memang itu adalah kesalahan jari anda dan sebuah ketidak sengajaan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top