Regional

Balai Bahasa Provinsi Kalbar Latih Puluhan Jurnalis

Balai Bahasa Provinsi Kalbar menggelar workshop penulisan penggunaan bahasa Indonesia di media massa pada Selasa, (12/11/2019) Photo: Rahmad

Pontianak- Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Barat, menggelar penyuluhan penggunaan bahasa Indonesia di media Massa bertempat di Aula Bank Kalbar Jl Arteri Supadio, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Selasa 12 November 2019.

Kegiatan penyuluhan penggunaan bahasa Indonesia di media massa dihadiri sejumlah wartawan dari berbagai media online, elektronik dan cetak.

Penyuluh Balai Bahasa Indonesia Provinsi Kalimantan Barat, Harianto mengatakan, Wartwan merupakan pelopor, contoh yang di gugu dan ditiru oleh masyarakat. Oleh Karenanya kerja wartawan dalam menulis berita harus sesuai kaidah jurnalistik yang benar.

"Setiap tulisan- tulisan Wartwan harus dilandasi dengan bahasa Indonesia yang benar, sesuai kaidah jurnalistik. Kemudian tanda baca, kosa kata juga harus diperhatikan supaya berita yang kita tulis mudah dibaca dan dimengerti oleh masyarakat"kata Harianto usai memberikan pelatihan pada Selasa, 12 November 2019.

Ketika seseorang Wartwan menulis berita tidak sesuai kaidah jurnalistik, dan tata kalimatnya kurang baik. Maka akan menimbulkan varian-varian yang dinilai berbeda oleh masyarakat luas.

Harianto menambahkan, sesuai UU Bahasa No 24 Tahun 2009. Bahasa Indonesia menjadi pijakan yang kuat kepada wartawan Dalam menulis berita. Tapi, Apabila penulisan sebuah berita tidak memenuhi kaidah jurnalistik, maka yang terjadi menimbulkan penilaian tersendiri terhadap isi berita tersebut.

"Oleh sebab itu, tanda baca, kosa kata, kalimat dan panjang kata dalam satu berita itu sangat penting. Sebuah berita yang efektif itu padat, singkat dan memenuhi kaidah jurnalistik,"katanya.

(RI)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top