Hukrim

Waspada! Nama Kapolres Mempawah Dicatut Untuk Menipu

Foto : Ilustrasi penipuan via telepon

Pontianak - Nama Kapolres Kabupaten Mempawah AKBP Tulus Sinaga dicatut oleh orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan pada Rabu, 13 November 2019 sekitar pukul 11.00 wib.

Modusnya penipu tersebut mengaku sebagai ajudan kapolres, dan menelpon para pengusaha agar segera menghubungi Kapolres ke salah satu no telepon. Dalam komunikasinya ia mengaku bernama Briptu Margono.

Kapololres Mempawah AKBP Tulus Sinaga menghimbau kepada masyarakat, khususnya para pengusaha yang ada di wilayah kabupaten Mempawah. apabila ada orang yang mengaku ajudan ataupun pejabat Polres Mempawah yang meminta bantuan agar di konfirmasi terlebih dahulu dan tidak memberikan bantuan.

"Dengan pergantian pucuk pimpinan Polri di Kabupaten Mempawah ada indikasi dimanfaatkan orang untuk melakukan penipuan dengan mengatasnamakan ajudan dan Kapolres Mempawah yang berusaha menghubungi para pengusaha yang ada di Mempawah,"ujar AKBP Tulus Sinaga.

Kapolres menambahkan, Dengan modus yang dilontarkan yaitu dengan hanya memberikan No telepon yang sudah dirancang (disiasati sebagai Kapolres), menandakan bahwa pelaku Mengerti akan tugas ajudan, yaitu hanya menyampaikan yang seolah-olah hal itu adalah pesan Bapak Kapolres (tidak serta merta langsung meminta bantuan)

"Masyarakat dan pengusaha jangan percaya dengan orang yang menelepon atau mengatasnamakan pejabat,"tegasnya.

"Polres Mempawah dengan ini memberitahukan, bahwa pejabat Polri tidak akan pernah menelepon ataupun SMS untuk meminta sejumlah uang dan atau fasilitas, dan apabila ada masyarakat mendapat telepon yang mengatasnamakan pejabat Polri agar melakukan Cross Check terhadap pejabat yang telah dijadikan referensi, guna klarifikasi atas kebenaran,"pungkasnya.

(Mad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top