Hiburan

Lima Cara Merawat Aki Mobil Jarang Dipakai

Untuk kendaraan apapun jenisnya, jika Anda tidak memakainya untuk pergi keluar setidaknya panaskan dulu mesinnya. Karena, jika jarang dipakai tentu saja akan menyebabkan beberapa masalah. Untuk itu, lakukanlah 5 cara merawat aki mobil jarang dipakai pada artikel dibawah ini.

Cara sederhana ini sangat perlu dilakukan. Meskipun Anda tidak akan bepergian, panaskan saja mesin mobil. Karena jika tidak aki mobil akan mengalami self discharge. Yaitu kapasitas aki akan berkurang walaupun mobil tidak Anda gunakan. Sehingga, akan menyebabkan kerusakan jika tidak ada proses pemanasan dan didiamkan selama berhati hari. Inilah salah satu cara merawat aki mobil jarang dipakai.

Tempat parkir pilihlah yang datar dan tidak tinggi sebelah. Jika hal itu terjadi cara mudahnya yaitu berikan benda yang dapat membantu datarnya tempat untuk memarkir mobil. Karena, banyak yang mengatakan jika menggunakan rem tangan terlalu lama akan membuat sebuah kampas rem dan per rem akan regang dengan waktu yang cukup lama dan pada akhirnya akan mengurangi ke elastisitasnya.

Cara sederhana ketiga yaitu dengan memeriksa sistem pengisian yang dapat dilakukan dengan melihat indikator dashboard mobil. Pada saat kunci kontak on dan mesin mati akan terlihat baterai yang menyala begitu juga sebaliknya. Namun, jika ada kendala pada sistem pengisian silahkan lakukan servis di bengkel yang Anda percaya. Seperti di ennergimotorsport.com yang sangat terpercaya dengan harga yang pastinya bersahabat.

Salah satu cara merawat aki jarang dipakai lainnya adalah menjaga kebersihan terminal aki. Pastikan terminal aki tidak berkarat ataupun berjamur serta tidak longgar. Jika aki mobil berkaret, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air panas. Dan jika mengalami kelonggaran pada bagian terminal aki maka Anda harus berusaha mengencangkannya dahulu. Jika masih kendor, maka Anda harus mengganti dengan terminal aki yang baru.

Langkah terakhir untuk cara merawat aki mobil jarang dipakai yaitu melihat jumlah elektrolit aki. Lakukan pengecekan secara rutin dengan memeriksa dan melihat jumlah elektrolit aki setiap satu bulan sekali misalnya. Ini dapat dilaksanakan dengan mudah yaitu cukup mengecek garis bawah berada di low apa tidak. Jika garis bawah terletak di low itu menandakan bahwa elektrolit aki membutuhkan tambahan aki.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top