Travel

Pengunjung Taman Arboretum Sylva Pontianak Keluhkan Taman Kotor

Pontianak- Taman Arboretum Sylva Pontianak terletak di Jl Ahmad Yani, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kalimantan Barat. Sekitar dua tahun yang lalu telah diresmikan oleh Walikota Pontianak. tapi saat ini taman Arboretum Sylva mulai terlihat kurang terurus.

Padahal sejak diresmikan taman Arboretum Sylva ini selalu ramai dikunjungi oleh warga dan wisatawan domestik dari berbagai kabupaten kota yang ada di Kalimantan Barat. Namun sayangnya tempat wisata ini sekarang kurang mendapatkan perawatan sehingga terlihat kotor.

Satu diantara wisatawan asal kabupaten Sekadau, yakni Tion mengatakan kalau taman Arboretum Sylva terlihat kurang terpelihara dan kurang terurus. Sampah bekas daun yang jatuh banyak berserakan tidak disapu sehingga terlihat kotor dan tidak enak dipandang.

"Saya berharap pemerintah kota Pontianak memperhatikan taman Arboretum ini, supaya selalu terlihat bersih dan menarik. Kan sayang sudah dibangun bagus-bagus lalu terkesan kurang terurus ,"ucap Tion pada Jumat, 22 November 2019.

Tion melanjutkan kalau dia berkunjung ke taman Arboretum Sylva bersama kedua anaknya dan pas kebetulan ada kegiatan di Pontianak. Di Pontianak memang banyak tempat wisata tapi Tion lebih memilih Taman Arboretum karena tempatnya banyak tempat bermain untuk anak-anak.

Hal senada diungkapkan oleh Dea mahasiswi universitas Tanjungpura, ia menilai kalau taman Arboretum Sylva saat ini sudah mulai kurang menarik. Karena kurang mendapatkan perawatan dan perhatian sehingga terlihat kotor.

"Dulu awal-awal dibangun taman Arboretum Sylva ini memang sangat menarik. Tapi setelah beberapa tahun belakangan ini taman Arboretum tak lagi menarik,"ujarnya.

Dea menambahkan agar pemerintah ketika membangun tempat wisata juga disertai dengan perawatan yang maksimal, agar tidak terkesan setelah dibangun lalu dibiarkan begitu saja. Kan sayang sudah menghabisi uang negara begitu banyak lalu kurang mendapatkan perhatian.

"Saya berharap kepada pemerintah khususnya bidang pertamanan kota Pontianak agar memperhatikan taman Arboretum. Supaya setiap pengunjung yang datang menjadi betah,"ucapnya.

Sementara itu petugas Dinas Pertanaman Kota Pontianak, Yaitu Arif mengatakan taman Arboretum Sylva setiap hari selalu dibersihkan. Setiap hari Sampah kita sapu setelah itu kita buang menggunakan mobil sampah milik Dinas Pekerjaan Umum kota Pontianak.

"Setiap hari taman di kota Pontianak seperti taman Alun-alun Kapuas Pontianak, taman akcaya, Digulis Untan dan taman Arboretum Sylva kami bersihkan. Cuman teknis membersihkan dengan cara mobile, karena petugasnya hanya 9 orang,"katanya.

(RI)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top