Regional

Gubernur Kalbar : ASN Harus Miliki Jiwa Inovatif Pelayanan Publik

Foto: Istimewa

Pontianak - Gubernur Kalbar H Sutarmidji meminta Inovatif itu satu hal yang harus ada di dalam jiwa/karakter setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar.

"Tanpa dia mampu melakukan, tanpa punya jiwa inovatif, dia sulit untuk memgikuti tren, percepatan dalam segala hal," kata H Sutarmidji, Kamis (28/11) saat membuka Seminar Innovation For Self Development dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kemenkeu di Hotel Ibis.

Dikatakannya, di era industri 4.0 ini, percepatan dengan berbasis teknologi, kalau dia tidak menguasai dan dengan dia tidak inovatif, maka dia akan bisa memperbaiki atau mempercepat pelayanan publik.

Kedepan, mantan Wali Kota Pontianak meminta seluruh ASN jajaran Pemprov Kalbar harus siap bersaing dan harus memiliki jiwa inovarif.
"Tanpa jiwa Inovarif, dia tidak akan dapat bersaing," ingatnya.

Kemudian pada suatu lingkungan kerja dimana manajemen waktu di anggap sebagai sesuatu yang vital dan sangat dibutuhkan oleh sektor swasta maupun pemerintahan.

"Manajemen waktu yang baik berdampak pada kualitas sumber daya manusia (SDM)," jelasnya.

Dijelaskannya, sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 38 tahun 2017 tentang Inovasi daerah, pada pasal 1 ayat (1) disebutkan bahwa Inovasi daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"Bagi para ASN, dan harus di tanggapi dengan meningkatkan keterampilan diri dan tetap menjunjung tinggibrasa nasionalisme untuk mengembangkan diri, bersikap kritis, berinobasi sehingga mampu menyeimbangkan dengan perkembangan global," ujarnya.

(Dika)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top