Regional

Warga Dayak Ketapang Gelar Ritual Hutan Keramat Balai Tanah

Warga Dayak kecamatan manis mata melaksanakan ritual adat istiadat melestarikan hutan dan lahan pada Rabu, (27/11/2019) Foto: Istimewa

Ketapang - Melestarikan konservasi hutan keramat balai tanah warga Desa Seguling Kecamatan Manis Mata, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat menggelar ritual adat Dayak pada Rabu, 27 November 2019.

Ketua Dewan adat Dayak Kecamatan Manis Mata, F Tihai mengatakan bahwa kegiatan ritual hutan keramat balai tanah dilaksanakan setiap tahun bersama warga untuk melestarikan hutan dan alam.

"Kami melakukan ritual adat istiadat ini untuk melestarikan hutan dan alam yang dikemas di dalam ritual adat Dayak tahunan,"ucap F Tihai pada Kamis, 29 November 2019.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Polsek Manis Mata Aiptu Karo mengajak semua masyarakat untuk hidup berdampingan walaupun berbeda suku dan agama. Apabila ada sesuatu kesalahpahaman selesaikan dengan musyawarah baik ditingkat adat maupun pemerintah Desa.

"Saya menghimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan maupun hutan. Melalui masyarakat adat yang hadir agar disampaikan kepada masyarakat. Kemudian bersama-sama mari kita jaga kondisi Kamtibmas,"ujarnya.

Pantauan dilapangan kegiatan ritual adat Dayak tahunan dihadiri oleh sejumlah pejabat kecamatan manis mata, seperti Danramil, tokoh masyarakat dan sejumlah perusahaan yang di Undang.

(Ris)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top