Hukrim

Tim Gabungan Polda Kalbar Sita 85 Batang Kayu Tanpa Dokumen

Satu Unit Truck Bermuatan kayu di duga ilegal diamankan Polda Kalbar Jum'at, (29/11/2019) Foto: istimewa

Pontianak- Melaksanakan Operasi Cipta Kondisi dan Operasi Lintas Batas. Tim gabungan Direktorat Samapta Polda Kalbar dan Reskrimsus mengamankan satu unit Truck KB 8912 SE yang mengangkut 85 batang kayu tanpa disertai surat sah di Jl Trans Kalimantan, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat pada Kamis, 28 November 2019.

Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Dony Charles Go membenarkan, bahwa pihaknya telah mengamankan Truck KB 8912 SE bermuatan kayu yang ditutup terpal warna hijau yang mengangkut kayu tanpa dokumen di Jl Trans Kalimantan, Kecamatan Kuala Ambawang, Kabupaten Kubu Raya.

"Iya benar ada satu unit Truck yang mengangkut kayu tanpa disertai dokumen kita amankan karena tidak mengantongi dokumen,"kata Kombes Pol Dony Charles Go Jum'at, 29 November 2019.

Dia menambahkan kalau Truck bermuatan kayu diamankan Pada Kamis, 28 November 2019 sekira pukul 13.00 Wib, Hasil Kegiatan gabungan razia Cipta Kondisi dan Ops lintas batas yang dilaksanakan oleh Direktorat Reskrimsus Polda Kalbar bersama Direktorat Samapta Polda Kalbar di Jalan Trans Kalimantan Desa Korek.

"Sejumlah barang bukti yang diamankan diantaranya, satu Unit Truck Merk Mitsubishi Canter Super HDX Warna Kuning dengan Nopol : KB 8912 SE, STNK, 85 Batang Kayu Olahan dengan Berbagai Jenis dan Ukuran,"ujarnya.

Ia melanjutkan perseorangan yang dengan sengaja mengangkut, menguasai, atau memiliki hasil hutan kayu yang tidak dilengkapi secara bersama surat keterangan Syahnya hasil hutan sebagaimana dimaksud dalam pasal 83 ayat 1 huruf b UU RI No 18 Tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan kerusakan hutan.

"Pelaku Dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun serta pidana denda paling sedikit Rp 500 juta dan 2,5 Milyar,"katanya.

(Rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top