Hukrim

Polres Kubu Raya Tangkap Pemilik Senpi Rakitan

Pemilik Senpi ilegal saat ditangkap anggota Polsek Kubu dan polres Kubu Raya pada Kamis, (28/11/2019) Photo: istimewa

Kubu Raya - Menyimpan senjata api rakitan tanpa ijin M (45Tahun) warga Desa Air Putih, Kecamatan Kubu, Kalimantan Barat ditangkap anggota polisi Polres Kubu Raya yang dibantu Polsek Kubu pada Kamis, 28 November 2019 sore.

Kapolres Kubu Raya, AKBP Yani Permana mengatakan, penangkapan terhadap tersangka M, berawal adanya laporan masyarakat ada warga yang memiliki senpi rakitan ilegal. Kemudian anggota Polsek Kubu melakukan penyelidikan lebih lanjut dengan mendatangi kediaman M.

"Saat didatangi M tampak berada di teras rumahnya dengan tas selempang yang disimpannya tak jauh dari posisi Ia duduk, Polisi yang curiga dengan isi tas tersebut lantas meminta M untuk membukanya. Dugaan polisi ternyata tepat karena didapati senpi rakitan laras pendek di dalam tas tersebut,"kata AKBP Yani Permana Minggu, 1 Desember 2019.

Dia menambahkan, Sesaat setelah mendapati senpi di tas M, polisi pun bergegas melakukan pengembangan di rumah M dan kembali mendapati tiga senpi rakitan lainnya. Kemudian petugas menggeledah rumah dan didapati sejumlah peralatan yang biasa Ia gunakan saat merakit senpi. Diantaranya, besi, kantong sendawa, mesin canai, saringan, pisau, palu dan amunisi aktif. Sejumlah peralatan itu kemudian dibawa ke Mapolsek Kubu untuk proses lebih lanjut.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka M diduga melanggar UU Darurat Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1951 dan UU Republik Indonesia Dahulu Nomor 8 Tahun 1948.

"Saya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuat, menyimpan, memiliki dan mengedarkan atau memperdagangkan senjata api. Karena menyimpan senpi ilegal melanggar aturan undang undang. Apabila ada masyarakat yang mengetahui , mendengar dan melihat agar segera melaporkan atau menginfokan kepada pihak aparat kepolisian terdekat,"Tegasnya.

(Rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top