Kesehatan

Waspada! Ini Gejala Utama Virus Corona

Photo: dr. Erna Yuliawati

Pontianak - Antisipasi Virus Corona, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat melakukan kesiapsiagaan dengan menyiapkan tiga rumah sakit rujukan dan melakukan langkah koordinasi dan melakukan edaran dari Kementrian Kesehatan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kota.

"Untuk mengantisipasi virus corona, kami telah melakukan kesiapsiagaan dan menyiapkan tiga rumah sakit rujukan untuk melakukan penanganan pasien yang mengalami penyakit virus corona,"kata Kasi Survelans dan Imunisasi Dinkes Provinsi Kalbar dr. Erna Yulianti Rabu, 29 Januari

Yulianti menambahkan dari tiga umah sakit yangselaput lni rujukan pasien virus corona diantaranya, Rumah Sakit Soedardo Pontianak, Rumah Sakit Abdul Azis Singkawang dan Rumah Sakit Agoes Djam Sintang.

" Dari tiga rumah sakit rujukan tersebut juga telah disiapkan ruangan isolasi yang menggunakan kostum khusus untuk menangani pasien yang menderita penyakit virus corona,"ujarnya.

Ia melanjutkan gejala utama virus corona demam yang disertai batuk, suhu tubuh panas hingga 35 derajat, dan terjadi sesak nafas setelah mengalami sakit sekitar tiga hari.

"Penularan virus corona bisa melalui udara, kontak langsung dengan kulit atau selaput lendir, kontak dengan pasien dan melalui darah yang masuk ke tubuh," kata Erna.

Namun, lanjut Erna hingga saat ini untuk di Provinsi Kalimantan barat belum ada masyarakat yang menderita penyakit virus corona. Namun, ia mengimbau kepada masyarakat mengalami demam segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

"Saya juga mengimbau kepada masyarakat supaya membiasakan hidup bersih dengan membiasakan diri cuci tangan sebelum makan supaya tehindar dari virus corona," katanya.

(Rah)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top