Hukrim

Kapolda Kalbar : Saber Pungli Kalbar Raih Predikat Tebaik Pertama Tingkat Nasional

Pontianak - Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto mengatakan Satgas Saber Pungli Kalbar Tahun 2019 telah mendapatkan Predikat Terbaik Pertama atas Kinerja Pokja Intelijen dan Terbaik Kedua atas Kinerja Pokja Pencegahan di Tingkat Nasional.

"Ini merupakan suatu prestasi yang luar Biasa, dan tentunya tidak datang begitu saja, namun terwujud atas kerja sama dan Kerja Keras kita semua selama ini yang intensif dan profesional," kata Kapolda Kalbar, Rabu (12'2), dalam Sambutan yang disampaikan Waka Polda Kalbar Brigjen Pol Imam Sugianto pada acara Rapat Kerja Daerah Satgas Saber Pungli Kalbar di Balai Petitih.

Kapolda Kalbar berharap, kesempatan ini dapat menjadi momentum bagi kita semua untuk meningkatkan sinergi kinerja dalam pelaksanaan tugas satgas saber pungli  di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"Apresiasi dan penghargaan yang telah sama-sama kita raih, perlu kita jadikan tolok ukur dan motivasi kerja agar lebih semangat lagi melaksanakan tugas dengan profesional dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga dapat mewujudkan situasi kehidupan masyarakat yang bebas pungli dan meningkatkan wibawa hukum serta mewujudkan indonesia maju," pujinya.

Sebagaimana kita ketahui, lima program kerja prioritas Presiden Republik Indonesia, diantaranya, pembangunan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur;
3. penyederhanaan segala bentuk kendala regulasi, penyederhanaan birokrasi dan transformasi ekonomi.

Dikatakannya, dalam rangka penyederhanaan birokrasi maka upaya reformasi birokrasi dilakukan agar semakin sederhana dan simpel.

"Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa mindset birokrasi harus diubah. Kecepatan melayani dan kecepatan pemberian izin menjadi kunci bagi reformasi birokrasi.
Program reformasi birokrasi menjadi agenda strategis pemerintah pada tahap selanjutnya untuk meningkatkan kepercayaan publik, serta menciptakan keadilan dan kepastian hukum yang rentan disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu melalui praktik-praktik korupsi, pungli dan penyalahgunaan kekuasaan," kutib Waka Polda Kalbar.

Presiden Republik Indonesia telah memberikan peringatan dengan sangat jelas dan lugas, bahwa ke depan (praktik pungli dan segala turunannya) akan ditindak secara tegas, dan berkaitan dengan hal tersebut, Presiden telah mengeluarkan Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber PTKI, yang mempunyai tugas melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien melalui fungsi intelijen, pencegahan, penindakan dan yustisi dari pusat hingga ke daerah-daerah.

(Dika)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top