Hukrim

Bakar Lahan Untuk Bangun Perumahan, Dua Warga Pontianak Ditangkap Polisi

Photo: Kapolresta Pontianak Kombes Pol Komarudin

Pontianak - Personil Polresta Pontianak kota telah mengamankan dua orang yang diduga melakukan pembakaran lahan di Jalan Bina Jaya, Gang Damai 2 Kelurahan Kota Baru, Kalimantan Barat pada Rabu, 11 Maret 2020 sekitar pukul 14.30 WIB.

Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Komarudin membenarkan kalau pihaknya telah mengamankan dua orang pelaku inisial LH dan MD yang diduga melakukan pembakaran lahan untuk pembangunan perumahan di Jalan Bina Jaya, Kecamatan Pontianak Tenggara.

"Kedua pelaku ini setatusnya masih terperiksa, dan masih dilakukan proses pemeriksaan lebih lanjut," kata Kombes Pol Komarudin kepada media ini pada Kamis, 12 Maret 2020.

Dia menerangkan kalau Awal terjadinya pembakaran lahan pelaku MD menyuruh LH menebas lahan seluas kurang lebih 600 meter persegi, Kemudian rumput yang sudah ditebas tersebut ditumpuk dan dibakar oleh saudara LH dengan menggunakan korek api sehingga mengakibatkan api menjalar dan membakar lahan seluas lebih kurang 300 meter persegi.

"Tujuan pelaku membakar adalah untuk membangun sejumlah rumah di lahan tersebut," ujarnya.

Kemudian sejumlah barang bukti yang diamankan, diantaranya Satu unit Korek Api Gas merk Cricket warna Orange
Putih dan Satu (1) bilah parang.

"Saya mengimbau kepada masyarakat supaya tidak melakukan pembakaran lahan, supaya tidak terjadi kabut asap dan pencemaran udara," ungkapnya.

(Fai)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top