Regional

APKS Kalbar Bagikan Tangki Air Kepada Damkar Swasta

Pontianak - Asosiasi Pemadam Kebakaran Swasta (APKS) Kalbar membagikan Tangki Air berukuran 1.030 Liter kepada Pemadam Kebakaran (Damkar) Swasta yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kebakaran kalbar di Sekretariat Pemadam Kebakaran Panca Bhakti, Kamis (9/4).

Pembagian Tangki Air kepada 62 Damkar Swasta ini dibagi dalam dua tahap, Tahap Pertama dibagikan kepada Damkar Swasta Kota Pontianak, dan hari Kedua, Tangki Air dibagikan kepada Damkar Swasta di Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah.

Menurut Ketua APKS Kalbar Abi Hasni Tahir mengatakan, bantuan Tangki Air kepada pemadam kebakaran agar dapat digunakan oleh Pemadam Kebakaran dalam menampung air dalam penyemprotan cairan disinfektan guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Saya harap, bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh Damkar Swasta," harap Abi Hasni Tahir.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Kebakaran Kalbar Ateng Tanjaya mengatakan, pencegahan Covid-19 ini bermuara dari Ajakan Wali Kota Pontianak agar Damkar Swasta ikut serta dalam penyemprotan disinfektan di Kota Pontianak.

"Langkah pertama, jalan Gajah Mada, Jalan Tanjung Pura, Jalan Diponegoro dan Jalan Ayani kita semprotkan disifektan," kata Ateng Tanjaya.

Penyemprotan disinfektan tidak akan ada artinya, tanpa dukungan masyarakat untuk ikut berpartisipasi melawan Covid-19 ini.

"Kami yakin, pasti tidak akan dapat menyelesaikan masalah melawan Covid-19 ini kalau bukan tanggung jawab kita bersama," jelasnya.

Setelah selesai penyemprotan disinfektan di Kota Pontianak, Ketua Umum BPAS, Chin Bu Jung bersama para donatur untuk memfasilitasi alat penyemprotan yang dibagikan kepada RT dan RW, Lurah dan Camat, Koramil maupun Polsekta se Pontianak Utara untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan secara mandiri di wilayah masing-masing.

"Puncaknya, saat Intruksi Kapolri agar semua Damkar ikut serta dalam penyemprotan disinfektan di Kota Pontianak," ingatnya.

Walaupun, Damkar Swasta bekerja aktif dalam mewalan Covid-19 ini dengan penyemprotan disinfektan di Kota Pontianak, namun, belum bermanfaat membunuh virus Covid-19 di jalan-jalan.

"Kita kerahkan Damkar Swasta untuk penyemprotan disinfektan tidak asal semprot. Kita harus terukur dan terarah agar cairan disinfektan tidak menjadi racun," ingatnya.

Terkait dengan Bantuan Tangki Air dari APKS Kalbar kepada Damkar Swasta, masih kata Ketua Umum BPAS, Damkar Swasta akan melaksanakan penyemprotan disinfektan dengan cara afektif dan efisien agar bisa menembus permukiman warga.

Cara ini akan membuat kita bekerja secara efektif dan efisien. Mudah-mudahan kebersaman Damkar Swasta bersama TNI-Polri dan Stackholder yang ada untuk melawan Covid-19 dengan iringan doa dan bekerja virus Covid-19 ini akan berlalu.

"Virus Covid-19 ini menghilang kalau kebersamaan ini kita bangun untuk melawan Covid-19," ujarnya.

Ketua Damkar Pancasila Abadi Sanusi Hasan menyampaikan ucapan terima kasih kepada APKS yang tekah memberikan bantuan kepada Damkar Swasta dibawah Naungan Forum Komunikasi Kebakatan Kalbar.

"Saya atas nama Damkar Pancasila Abadi dan Damkar Swasta lain menyampaikan ucapan terima kasih kepada APKS Kalbar," ucap Sanusi Hasan.

(Dika)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top