Busines

Pemkab Kubu Raya Salurkan Bantuan Beras Kepada Warga Terdampak Corona

Kubu Raya – Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo menerima secara simbolis bantuan beras dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (11/4), di Unit Pengelola Perairan Daratan Terminal Induk Sungai Raya.

Dari seribu ton beras bantuan, sebanyak 52,980 ton langsung diserahkan ke Camat Terentang Suharto yang diteruskan kepada perwakilan kepala desa. Kecamatan Terentang menjadi yang pertama menerima penyaluran beras bantuan pemerintah provinsi. Penyerahan bantuan ini menindaklanjuti surat Gubernur Kalimantan Barat tentang bantuan masyarakat dampak Covid-19 atau virus corona.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah mulai pendistribusian bantuan beras dari provinsi. Yang pertama diperuntukkan di Kecamatan Terentang dan dalam pekan depan ini prioritas kita ke kecamatan-kecamatan yang terjauh dulu. Seperti Batu Ampar, Kubu, Teluk Pakedai, dan seterusnya. Insya Allah dalam pekan depan semuanya sudah kita distribusikan,” ujar Titus.

Ia mengungkapkan, beras akan disalurkan ke sepuluh desa di Kecamatan Terentang. Dengan jumlah penerima sebanyak 2.649 rumah tangga miskin. “Penyerahan ini untuk mengantisipasi dampak luas terhadap kelangsungan hidup kebutuhan kebutuhan dasar pangan masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu di wilayah kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat,” terangnya.

SementaraWakil Bupati Kubu Raya Sujiwo atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berterima kasih atas bantuan pemerintah provinsi. Dirinya berharap bantuan dapat membantu meringankan beban masyarakat.

“Nah, harapan saya mudah-mudahan apa yang sudah pemerintah lakukan ini dapat meringankan beban masyarakat di tengah kita sama-sama menghadapi kondisi kesulitan yaitu wabah virus corona ini,” ucapnya.

Ia mengatakan beras bantuan pemerintah provinsi akan didistribusikan ke sembilan kecamatan di Kabupaten Kubu Raya. Pendistribusian dilakukan secara proporsional menurut jumlah jiwa. Namun berdasarkan perhitungan, diketahui masih terdapat kekurangan sebanyak 288 ton. Karena itu, dirinya berharap pemerintah provinsi memberikan kebijakan penambahan bantuan.

“Dengan proporsional hitungan jiwa penerima, kita masih minus sekitar 288 ton kekurangannya. Makanya saya bersama pak bupati akan mencarikan solusi ini dan membangun komunikasi dengan gubernur. Mudah-mudahan dari pemprov masih memberikan kebijakan untuk menambah ini. Tetapi seandainya dari pemprov tidak memungkinkan, maka kami akan mencari solusi bagaimana 288 ton ini terpenuhi sehingga kita bisa distribusikan secara rasional dan proporsional,” tuturnya.

Kepala Desa Terentang Hilir Heri Yulianto bersyukur atas bantuan yang diterima warganya. Menurutnya, bantuan tersebut sangat penting karena dapat membantu kehidupan warga di tengah pandemi virus corona. Dirinya berharap warga desa dapat terus terjaga dari penyebaran virus tersebut.

“Harapan kami paling tidak bisa menolong ekonomi masyarakat yang sampai hari ini aktivitasnya dibatasi sedangkan mereka juga butuh ekonomi untuk menopang keluarganya. Dengan bantuan dari pak gubernur ini sangat membantu untuk warga desa kami,” ucapnya.

(Aj)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top