Kesehatan

Rumah Sakit Untan Pontianak Miliki Uji Laboratorium PCR

Photo: Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar dr Harisson

Pontianak - Kabar baik, mulai Senin, 20 April 2020 pemeriksaan pasien dalam pengawasan (PDP) dan pasien hasil Rapid test-nya yang reaktif sudah bisa dilaksanakan di rumah sakit Universitas Tanjung Pura Pontianak. Uji Laboratorium lendir tenggorokan juga tidak perlu lagi dikirim ke Jakarta.

"Dirumah sakit Untan saat ini sudah ada tenaga ahli Laboratorium, dan pihak rumah sakit Untan juga sudah melakukan optimasi dengan Kit yang dikirimi oleh Balitbangkes dan sudah dikonsultasikan kembali dengan Balitbangkes. Hasilnya dinyatakan baik dari segi alat maupun validasi RT-PCR,"ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar dr Harisson pada Jumat, 17 April 2020.

Harisson menambahkan bahwa hari ini pihak rumah sakit Untan melakukan konsultasi standar operasional prosedur (SOP) alur sample laboratorium dan beberapa prosedur lain ke Balitbangkes. Semoga hari ini final dan besok sudah mendapatkan persetujuan untuk running oleh Balitbangkes.

"Laboratorium rumah sakit Untan juga sudah mendapatkan bantuan kit Reagen RT-PCR dari dua perusahaan yang diserahkan melalui Bapak Gubernur Kalbar. Jadi mulai Senin, 20 April 2920 laboratorium rumah sakit Untan sudah bisa melakukan pemeriksaan swabs nasofaring.

Lebih lanjut, Harisson mengatakan bahwa laboratorium rumah sakit Untan sudah berjalan sehingga tidak perlu lagi mengirimkan sampel swabs ke Jakarta, dan waktu tunggu hasil pemeriksan swabs akan jauh lebih cepat. Dalam 1 hari kita sudah bisa mendapatkan hasil pemeriksaan.

"Sebagaimana yang saya katakan bahwa untuk memfungsikan PCR yang dimiliki Laboratorium Fakultas Kedokteran Untan dan PCR milik Balai BPOM Kalbar, ada juga 2 perusahaan yang membantu Reagen Kits dan dari Kemenkes. Semua sudah siap dan dari hasil uji coba juga bagus, mulai senin swab PDP dan yang hasil Rapid testnya reaktif cukup di periksa di Pontianak,"pungkasnya.

(Rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top