Hukrim

Gudang Pengering Sabut Kelapa di Mempawah Diamuk Sijago Merah

Photo: Gudang pengering sabut kelapa di Kabupaten mempawah terbakar pada Senin (04/05/2020) Photo: delikkalbar.com

Mempawah - Kebakaran hebat melanda bangunan pengering sabut kelapa milik PT. Rimba Kelapa Makmur (RKM) di Jalan Raya Peniti luar, Desa Peniti luar, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat terbakar Senin (4/5/20) sekitar pukul 05.00 WIB.

Ketika terjadi kebakaran, gudang pengering sabut kelapa dijaga oleh karyawan Shief bernama Heri. Dan kebakaran diduga karena kurang kontrol, dan Heri mengetahui adanya kebakaran setelah api membesar dan membakar oven.

"Saya mengetahui gudang pengering sabut kelapa terbakar, setelah api di tungku Open pengering tersebut sudah besar dan sudah menyebar, sedangkan masih ada aktifitas pengeringan Kelapa di Open tersebut,"kata Heri pada Senin, 4 Mei 2020.

Heri melanjutkan, Karena api sudah cukup besar lalu memberitahu kepada security yang sedang berjaga di pos depan yang kemudian Karyawan yang tinggal di Mess berusaha memadamkan api dengan menggunakan mesin robin milik PT RKM. Namun saat itu mesin tersebut tidak bisa menyedot air yang kemudian menghubungi pihak pemadam Kebakaran dari Jungkat , Segedong dan Sungai Purun.

"Setelah mobil pemadam datang, pemadaman langsung dilakukan. Tapi, api sudah membesar dan menjalar disekitar Oven. Karena bahan baku yang diolah dari Sabut Kelapa, maka sebaran api cepat merambat ke bagian lainya,"katanya.

Api dapat dipadamkan sekitar pukul 07.20 wib yang melalap Oven Pengering Kelapa, Bahan Baku Kelapa, dan Sebagian bangunan Gudang nomor 2 yang terbuat dari beton.

Dalam kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa, dan penyebab terjadinya kebakaran belum diketahui. Karena masih dilakukan penyelidikan oleh Polsek Siantan.

(Mus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top