Nasional

Gubernur Kalbar Tetap Konsisten Dengan Desa Mandiri

Photo : Gubernur Kalbar Sutarmidji

Pontianak - Gubernur Kalbar H Sutarmidji tetap konsisten dengan Desa Mandiri di Provinsi Kalbar, karena Indikator Desa Mandiri sudah jelas. Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalbar saat Video Conference bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dalam Rangka Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2020 di Data Analytic Room Kantor Gubernur Kalbar

"Saya tetap konsisten dengan Desa Mandiri, karena disitu indikatornya sudah jelas masalah kebakaran lahan, kebakaran hutan dan semua ada disitu, untuk Kalbar dari 2031 Desa kita sudah ada peta seperti ini dan indikator-indikator berapa indeksnya juga sudah ada disitu," kata Sutarmidji, Selasa, 12 Mei 2020.

Selain itu, Indeks kekuatan lingkungan, indeks kekuatan ekonomi, indeks kekuatan sosial semuanya sudah ada masing-masing desa skornya, Kategori desa berkembang harus mendapat nilai 0 sampai 800 baru bisa menjadi desa mandiri. Jadi indeks desa membangun disitu sudah ada nilai indeks kekuatan sosial, ekonomi dan lingkungan dan disinilah masuknya kita mencegah jangan sampai terjadi kebakaran lahan dimanapun.

Dikatakannya, hanya saja yang menjadi kendala kita kalau status desanya sudah menjadi desa mandiri dana desanya berkurang dan mereka tidak mau jadi desa mandiri akhirnya tetap menjadi desa tertinggal, seharusnya di tambah dan dengan penambahan itu bisa untuk menangani hal-hal misalnya kalau terjadi kebakaran lahan itu bisa digunakan sehingga terintegrasi.

Orang nomor satu di Kalbar juga mengatakan kedepannya harus ada hutan yang dikelola desa sehingga masyarakat bisa mengelola untuk jenis tanaman yang produktif dan menghasilkan dan saya mau mencari KPH yang betul-betul jiwanya mencintai hutan dan mempunyai inovasi-inovasi untuk memperdayakan hutan.

"Jajaran Pemerintah Provinsi Kalbar, TNI, POLRI kita serius tangani Karhutla sekalipun dalam kondisi Covid-19 ini. ungkapnya.

(Dika)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top