Regional

500 Pekerja Seni dan Pelaku Pariwisata di Kubu Raya Terima Bantuan Sembako

Photo : Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan membagikan sembako kepada pekerja Seni dan pekerja pariwisata

Kubu Raya – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya kembali menyalurkan bantuan bahan makanan pokok (sembako) kepada kelompok masyarakat terdampak Covid-19, Rabu (13/5). Kali ini sebanyak 500 orang pekerja seni dan pelaku pariwisata di Kabupaten Kubu Raya menerima bantuan sembako yang diserahkan langsung Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Kantor Bupati Kubu Raya.

Bupati Muda mengaku gembira karena secara simultan pemerintah kabupaten dapat terus menyalurkan bantuan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang terdampak langsung dengan wabah Covid-19.

“Alhamdulillah ini tahapan berikutnya dan setiap pekan kita usahakan ada tahapan-tahapan untuk penyerahan. Yang mana ini merupakan salah satu kluster masyarakat yang terdampak langsung berkaitan dengan profesinya,” terangnya.

Muda mengatakan hingga kini telah cukup banyak kluster masyarakat yang memperoleh bantuan dari pemerintah daerah. Ia mengatakan pemberian bantuan dilakukan secara cermat berdasarkan pendataan di lapangan. Pihaknya menghindari sikap gegabah dalam penyaluran agar bantuan dapat lebih komprehensif.

“Ke depan pemberian bantuan akan terus dilakukan terhadap profesi-profesi lainnya yang terdampak langsung. Inilah pola kerja Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, di mana kita tetap berusaha untuk mengayomi dan memberikann stimulan sebagai bentuk kepedulian pemerintah dan para aparatur sipil negara daerah,” ujarnya.

Muda juga mengapresiasi seluruh PNS Kabupaten Kubu Raya yang merelakan sebagian penghasilannya untuk membantu masyarakat terdampak wabah. Menurutnya, kepedulian dan kebesaran hati para PNS tersebut patut disyukuri.

“Partisipasi dari PNS Kubu Raya dalam bentuk pemotongan tambahan penghasilan PNS daerah itu juga kami salurkan dalam bentuk sembako kepada kluster-kluster masyarakat terdampak wabah. Alhamdulillah karena ini sebuah rasa tanggung jawab PNS baik struktural maupun fungsional terhadap kondisi yang ada,” ucapnya.

Kepada para pekerja seni dan pelaku pariwisata, Muda Mahendrawan mengajak untuk tetap bersemangat. Dirinya memahami kondisi sulit yang dihadapi namun ia meminta pelaku seni dan pariwisata tetap menjaga antusias dan kreativitas.
“Di dalam kondisi pandemi kita memang dihadapkan dengan beragai pembatasan. Tetapi kreativitas dan inovasi di dalam berkarya harus tetap berjalan dengan berbagai langkah, misalnya berkarya secara daring atau online,” ajaknya.

Muda berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan beban para pelaku seni dan pariwisata. Terlepas dari nominal bantuan yang relatif tidak besar.
“Mudah-mudahan bermanfaat. Mohon tidak melihat pada nilainya, tapi bagi kami semoga ini menjadi sebuah pertautan yang baik untuk kita bersama tetap bersemangat dan produktif di dalam masa pandemi ini,” tutupnya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kubu Raya, Norasari Arani, mengatakan penyerahan bantuan sembako dari Pemerintah kabupaten Kubu Raya kepada masyarakat terdampak Covid-19 dilakukan secara bertahap. Kali ini penerima bantuan berasal dari kluster pekerja seni dan pelaku pariwisata di Kabupaten Kubu Raya.

“Mereka yang hadir ini ada musisi, penari, penyanyi, dan seterusnya yang memang dalam beberapa bulan ini tidak ada event sama sekali sehingga memang termasuk salah satu kluster yang terdampak,” jelasnya.

Norasari menerangkan hingga kini Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah menyerahkan bantuan kepada berbagai kluster masyarakat terdampak Covid-19. Sebelum ini, bantuan diberikan kepada 700 perempuan kepala keluarga. Ia mengungkapkan bantuan akan terus diberikan kepada kluster-kluster lainnya yang masih dalam proses pendataan.
“Bantuan untuk kluster lainnya seperti pekerja bangunan, anak uah kapal, dan sebagainya juga sedang berproses,” terangnya.

(Ris)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top